Rabu, 10 Agustus 2011

KEMBALI KE ALAM SEHAT ALA NABI MUHAMMAD SAW

Assalamu’alaikum wr.wb.

Segala puji bagi Allah yang menciptakan manusia dalam sesempurna-sempurna bentuk, sebagaimana Allah SWT harapkan agar keberadaan manusia bisa menjadi wakilnya dimuka bumi. Dalam menjalankan tugas sebagai khalifah manu...sia diberi berbagai kelengkapan dan diantara kelengkapan manusia tersebut adalah dapat menyembuhkan penyakit yang ada dalam dirinya/self healing . Untuk memperkenalkan kemampuan self healing itulah maka sejak tahun 2003 saya mengembangkan metode pengobatan yang bertumpu pada kemampuan diri dalam penyembuhan dengan berlandaskan kepada ajaran Rasulullah SAW. Sayangnya banyak propaganda yang
memberi gambaran seolah-olah kemampuan self healing itu tidak ada . Mereka biasa menyebutnya sugesti. Jika ada seorang dokter yang berhasil menyembuhkan pasiennya hanya dengan nasihat, maka dikatakan bahwa penyakit pasien itu adalah penyakit jiwa yang tersembuhkan dengan upaya sugesti dari sang dokter . Jika ada penyembuhan yang tidak memerlukan intervensi dari luar akan dikatakan bahwa itu adalah kebetulan . Sehingga manusia kehilangan potensi dirinya yang luar biasa dalam penyembuhan . Masyarakat terbelenggu dalam stereotype bahwa sakit harus minum obat. Bahwa untuk sembuh dari sakit harus ada intervensi dari luar . Para dokter merasa gamang dengan kemampuannya dalam mendiagnosis penyakit. Mereka sangat bergantung pada alat canggih untuk menetapkan penyakit seseorang . Sudah jamak di zaman ini bahwa dokter tidak bisa mengetahui sakit seseorang hanya dengan pemeriksaan fisik saja . Kemajuan teknologi kedokteran membuat dokter makin malas berfikir, teknologi dikembangkan dalam kerangka bisnis dan bukan menyangkut kebutuhan riil menegakkan diagnosis penyakit . Saya pikir suatu hari mahasiswa fakultas kedokteran tidak lagi perlu belajar ilmu fisiologi maupun anatomi, mereka cukup mengikuti kursus mengoperasikan alat-alat diagnosis, kemudian menghafalkan nama obat dan indikasinya . Gejala ini sudah teramati belakangan ini . Pada akhirnya masalah kesehatan manusia menjadi bisnis yang sangat tidak manusiawi, perkembangan riset kedokteran tidak lagi menyejahterakan manusia melainkan makin memerosokkan manusia ke jurang kemunduran fisik, keterbelakangan moral dan kekalahan manusia terhadap problem yang dihadapinya .
Saya mengajak kepada siapa saja yang peduli untuk kembali ke fitrah, mari kita melihat kedalam bathin yang suci, dalam hal ini Allah berfirman dalam Qur’an Surah Ar-Rum, 30:30,

yang artinya:”Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama Allah; Allah telah menciptakan manusia menurut fitrahnya. Tidak ada perubahan pada fitrah yang datang dari Allah. agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”

Para ahli tafsir mengatakan bahwa fitrah adalah segala sistem yang diciptakan Allah pada diri manusia baik pada jasadnya maupun pada akalnya . Pada akalnya menyangkut keyakinan dasar tentang kepribadian maupun hubungan antar manusia, sedangkan pada jasad menyangkut kemampuan badan bertahan hidup termasuk apa yang disebut self healing .

KEJAHATAN TERHADAP KEMANUSIAAN PALING HEBAT

Jika kita berbicara orang sakit, maka gambaran yg tampak adalah orang yang dalam kondisi emosi yang tidak stabil dan cenderung cemas, karena setiap orang sakit yang menghadap dokter ataupun masuk ...rumah sakit tidak tahu persis sejauh mana penyakitnya dan berapa pengorbanan yang harus dilakukannya untuk terbebas dari sakit. Oleh karena itu sangatlah pantas jika kita katakan bahwa kejahatan manusia yang paling hebat adalah menganggap orang sakit sebagai obyek perdagangan . Kejahatan dokter dan tenaga kesehatan adalah jika mereka melihat pasien seperti mesin ATM yang bisa diambil sewaktu-waktu, kejahatan ahli farmasi dan pabrik obat adalah jika mereka tidak berterus terang tentang obat yang dijualnya, mulai dari manfaatnya, tingkat keberhasilannya, maupun efek samping jangka pendek dan jangka panjangnya, ketidak terus terangan ini telah mengakibatkan pasien yang dalam posisi lemah, secara tidak langsung dijadikan kelinci percobaan .

Kejahatan yang dilakukan dalam proses penyembuhan ada 9 hal sbb. :

1. Penelitian obat yang menggunakan cara yang tidak etis dan melanggar nilai-nilai kemanusiaan .

2. Penelitian pesanan, yaitu penelitian obat tertentu oleh para dokter dan atau apoteker yang dilaksanakan atas permintaan perusahaan obat untuk menggiring opini masyarakat pada produk tertentu .

3. Penyebarluasan obat berbahan haram tanpa ada kejelasan sehingga masyarakat terlanjur menggunakan obat tersebut bertahun-tahun tanpa mengetahui kehalalannya, hal ini menimbulkan trauma bagi mereka yang ingin memegang keyakinan agamanya secara kuat

4. Penggunaan obat/bahan kimia yang disebut obat bebas, dimana seolah-olah obat bebas adalah obat yang bisa diminum sewaktu-waktu tanpa batas, padahal obat bebas adalah tetap obat dengan efek sampingnya yang jika dipergunakan terus-menerus akan merusak organ tubuh tertentu . Dengan didorong iklan gencar dan peraturan Pemerintah yang longgar atas obat bebas, masyarakat kita telah menjadi konsumen obat bebas yang sembrono.

5. Industri farmasi telah tumbuh menjadi kartel yang meraup keuntungan besar dari bisnis obat-obatan . Akuisisi dan merger beberapa perusahaan farmasi telah makin memperkuat posisi tawar mereka dalam mengendalikan harga obat kimia sintetik . Bahkan diduga mereka telah ikut menentukan kebijakan kesehatan Nasional yang bisa jadi merugikan masyarakat dan menguntungkan bisnis mereka .

6. Upaya sistematis pembodohan masyarakat sehingga mereka tidak menyadari kemampuan self healing dan mereka bergantung kepada obat secara berlebihan.

7. Teknologi kedokteran tidak memberi kemajuan lebih dari sekedar memanjakan dokter dan petugas kesehatan untuk memperluas ketergantungan terhadap teknologi baru dan obat-obatan .

8. Klaim berlebihan terhadap penyembuhan penyakit dan atau penyamaran efek samping obat untuk memperdaya konsumen, meningkatkan ketergantungan masyarakat terhadap obat kimia yang tentu saja bertujuan melestarikan bisnis farmasi

9. Penemuan teknologi baru dalam pengobatan telah memberi kesan makin positif terhadap pengobatan modern yang teknologi dan risetnya dikuasai negara besar . Keadaan ini telah memunculkan bentuk baru kolonialisme yang membuat kita terus berkiblat kepada barat dan bergantung secara berlebihan kepada industrialis barat .

10. dll.

PARADIGMA SEHAT ALA RASULULLAH SAW

Sejarah panjang ilmu kedokteran telah mulai dikenal sejak lama, yaitu sejak periode Nabi Sulaiman a.s. yaitu pada kira-kira 1500 tahun S.M., dimana beliau mencatat manfaat tanaman bagi kesehatan . Adapun r...intisan ilmu kedokteran modern, telah dilakukan oleh Hippocrates. Pada masa itu bapak kedokteran modern ini mempopulerkan pemahaman tentang kemampuan konkrit penyembuhan alami dalam tubuh manusia, dengan prinsipnya yang sangat dikenal dikalangan kedokteran ’vis medicatrix naturae’ yang maksudnya’kemampuan alami mengobati sakit’

Beranjak dari pemikiran Hipocrates dan anjuran-anjuran Rasulullah SAW dalam hadits-haditsnya, disusunlah konsep hidup sehat ala Rasulullah SAW yang tidak bertentangan dengan agama apapun dan bahkan bagi penganut agama Islam merupakan cara hidup sehat yang sekaligus mengikuti sunnah Rasulullah SAW.

Ada 5 prinsip hidup sehat hidup sehat ala Rasulullah SAW, yaitu:

- Sehat Lewat Makanan

Yaitu prinsip dasarnya adalah memperhatikan jumlah makanan yang masuk kedalam tubuh agar tidak berlebihan sebagaimana firman Allah :”Makan dan minumlah dan jangan berlebihan”, jenis makanan yang dianeka ragamkan dengan memperhatikan firman Allah dalam Alqur’an yang artinya :”Aku ciptakan manusia dari sari pati tanah” . yang maknanya adalah makanan paling cocok untuk manusia adalah yang dihasilkan dari tanah (sayuran, biji-bijian, dan buah) . Disamping itu kita memperhatikan frekwensi makan kita adalah sebagaimana dicontohkan Nabi SAW, dimana beliau SAW makan paling banyak 2 X sehari.

- Sehat Lewat Ibadah

Semua perintah ibadah yang datang dari Allah sudah pasti tidak bertentangan dengan kesehatan dan bahkan menyehatkan . Melaksanakan ibadah dengan sungguh-sungguh akan meningkatkan kesehatan .

- Sehat Lewat Do’a

Do’a yang dipanjatkan kepada Allah SWT adalah salah satu media hidup sehat yang ampuh. Do’a yang dilakukan dengan keyakinan yang kuat akan datangnya pertolongan Allah akan membantu mempercepat penyembuhan .

- Pengobatan Sesuai Anjuran Nabi Muhammad SAW

Nabi SAW mengajarkan berbagai resep hidup sehat yang mudah, termasuk resep obat-obatan yang terbukti memberi manfaat dalam penyembuhan orang sakit .

- Sehat Lingkungan

Adalah menyehatkan lingkungan fisik maupun lingkungan sosial yang sangat jelas memberi manfaat bagi penyehatan maupun penyembuhan penyakit .

Diatas segalanya Nabi SAW mengajarkan pola hidup sehat yang bukan hanya mengobati orang sakit namun juga mencegah penyakit dan meningkatkan status kesehatan .

Pada prinsipnya dalam mengembangkan kesehatan masyarakat tidaklah tepat jika kita mengabaikan kemampuan self healing karena hal ini sama saja kita telah merendahkan martabat manusia sebagai mahluk yang tinggi kedudukannya disisi Allah dan merupakan mahluk yang diciptakan dengan sebaik-baik bentuk baik fisik maupun jiwa .

Menjadi rendahnya martabat manusia adalah hasil kerja Iblis yang telah merendahkan Adam dan yang berusaha membuktikan pandangannya bahwa manusia memiliki martabat yang lebih rendah darinya.

MULAILAH DARI DIRI SENDIRI DAN MULAI DARI YANG PALING MUDAH

Ada cara sederhana hidup sehat mandiri, yang jika dikerjakan akan mengurangi biaya kesehatan dan mengurangi ketergantungan kepada obat yaitu memenuhi kebutuhan cairan, mengendalikan makan, olahraga ringan, cukup tidur, tidak merokok, tidak minum alkohol, laksanakan ibadah secara teratur, kembangkan obat tradisional, meditasi dan do’a, pelestarian lingkungan, menumbuhkan nilai-nilai moral keluarga, dan meningkatkan kepekaan sosial.

Gerakan hidup sehat cara mudah, hemat dan bermartabat ini seharusnya merupakan kampanye utama dari Departemen Kesehatan, agar pembangunan kesehatan bisa benar-benar menyejahterakan masyarakat dan dengan biaya yang lebih ringan. Sebagai contoh, penelitian menunjukkan bahwa dengan kualitas air minum yang baik dan minum dalam porsi yang cukup sudah bisa menghemat biaya kesehatan sampai 30%, apalagi jika diikuti program lainnya, demikianlah semoga bermanfaat,

SUMBER: Dr habib ali toha assegaf

Tidak ada komentar: