Minggu, 09 Desember 2012

KEGIATAN BHAKTI SOSIAL YONIF LINUD 501/BY DALAM RANGKA MEPERINGATI HARI PAHLAWAN 10 NOPEMBER 2012

Yonif Linud 501/BY bukan hanya satuan tempur namun juga satuan teritorial, sehingga setiap pelaksanaan kegiatannya banyak melibatkan masyarakat sekitarnya yang terbentuk dalam desa binaan.



Dalam rangka memperingati hari Pahlawan 10 Nopember 2012  dan menimbulkan rasa cinta tanah air Yonif Linud 501/BY mengadakan beberapa kegiatan sosial berupa pelatihan Pramuka, Karya bakti pemeliharaan TMP dan perehapan sekolah di desa binaan serta donor darah.




            Yonif Linud 501/BY dengan Gugus Depan 03135 03136 mengadakan latihan bagi Pramuka putra putri dari anggota Yonif Linud 501/BY dan sekolah di seputaran asrama, latihan yang dilaksanakan di Mayonif Linud 501/BY yang di ikuti oleh ± 50 orang peserta bertujuan untuk melatih dan mendidik ketangkasan kerja sama, kekompakan dan menanamkan rasa cinta tanah air, pelatihan kepramukaan ini dengan materi sebagai berikut :

1.   Peluncuran

2.   Jembatan tali dua dan tiga

3.   Baris berbaris (PBB)

4.   Tali temali

Kegiatan ini ditanggapi positif oleh para peserta latihan, ini dapat dilihat dari besarnya antusias peserta latihan dan mereka berharap kegiatan latihan seperti ini dapat berlanjut/dilaksanakan sepanjang tahun.



Untuk meningkatkan kepedulian generasi muda prajurit terhadap para pahlawan yang mendahului kita maka diadakanlah Karya bhakti di TMP. Kegiatan ini meliputi pembersihan, merawat dan memperhatikan keberadaan makam agar selalu terpelihara sehingga dapat mengingatkan generasi muda sekarang betapa besar pengorbanan para pahlawan yang berjuang demi kemerdekaan Negara Republik Indonesia, mereka berjuang tanpa pamrih, harta bahkan nyawa, tetapi mereka hanya memilih satu yaitu “Kemerdekaan”, walaupun harus dibayar dengan nyawa.

 

Momen seperti ini yang harus dapat ditiru dan di contoh oleh generasi penerus TNI AD khususnya Kostrad dalam menjaga keutuhan NKRI. Layaknya prajurit Kostrad dapat memberikan pengabdian yang terbaik pada negara, dan itu dapat diwujudkan bukan hanya dengan kegiatan latihan dan tugas operasi tetapi dengan kegiatan sosial berupa karya bakti dan kegiatan bakti sosial lainnya.



            Karena pentingnya sektor pendidikan dalam menciptakan generasi muda bangsa yang baik dan agar menciptakan rasa aman dan nyaman dalam belajar Yonif Linud 501/BY Kostrad bekerja sama dengan PT. Pertamina Persero juga melibatkan diri dalam perbaikan mutu bangunan sekolah di lingkungan desa binaan dengan programnya kegiatan peduli kesehatan dan pendidikan berupa bedah sekolah yang meliputi :



1.            Perbaikan dan pengecatan pintu gerbang.

2.            Perbaikan papan nama sekolah.

3.            Pemasangan plafon ruang kelas.

4.            Pembuatan taman dan Prasasti.

5.            Pembuatan mimbar tiang bendera.

6.            Pengecatan seluruh bangunan sekolah.

7.            Perbaikan dan pengecatan pagar.

8.            Pemasangan Paving.

9.            Perbaikan MCK.



Kegiatan bedah sekolah ini dapat dilaksanakan oleh Personel Yonif Linud 501/BY hanya dalam waktu 2 minggu sehingga selama bedah sekolah tidak mengganggu proses belajar mengajar.



anggota yonif 501 Karya Bakti
Dalam rangka memperingati hari Pahlawan 10 Nopember 2008 ini juga Yonif Linud 501/BY bekerja sama dengan PMI Kota Madya madiun dan pemerintah Kab. Madiun melaksanakan kegiatan bhakti donor darah, kegiatan ini bukan hanya diikuti oleh personel militer saja tetapi juga di ikuti oleh anggota Persit Yonif Linud 501/BY, kegiatan  ini bertujuan untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan darah, kerja sama ini juga memberikan manfaat bagi satuan sehingga satuan dapat mengontrol kesehatan bagi anggotanya yang melaksanakan donor.





            Dalam menghadapi musim hujan tahun ini dan mengantisipasi banjir Yonif Linud 501/BY bersama sama masyarakat sekitar satuan melaksanakan karya bhakti membersihkan saluran air, kegiatan ini sangat disambut baik oleh anggota masyarakat karena mereka sangat merasa terbantu dalam mengatasi bencana banjir.












Tidak ada komentar: