Kamis, 28 April 2016

Lakukan Penghijauan Kodim 0804/Magetan Tanam 5000 Pohon




www.kodim-magetan.com .- Sebanyak 5.000 bibit pohon Mahoni, Coklat, Duren, Nangka, ditanam pada penghijauan yang diselenggarakan oleh Kodim 0804 bersama Muspika, FKPPI, Pelajar, dan masyarakat di Lapangan Sepak Bola Desa Turi dan sepanjang jalan Desa Turi Kec Panekan arah masuk Kabupaten Magetan yang berbatasan dengan Kab Ngawi, sepanjang sekitar 5 Km.
Acara dibuka oleh Kepala Staf Kodim 0804/Magetan mewakili Dandim 0804 yang tidak bisa hadir karena sedang melaksanakan dinas Ke Korem 081/Dsj. Hadir pada kesempatan tersebut Muspika Kec Panekan, FKPPI, Pelajar dan masyarakat sebanyak 150 orang.
Dalam apel pengecekan Pers dan pembagian lokasi penghijauan Pasi Ter Kodim 0804/Magetan Kapten Inf Suparlan mengajak kepada seluruh anggota Kodim 0804/Magetan untuk melaksanakan kegiatan  penghijauan dengan tulus dan Ikhlas.
“ Karena yang kita lakukan banyak sekali manfaatnya di antaranya untuk peremajaan hutan dan dapat mengembalikan fungsi daerah resapan air di kawasan ini sehingga mengurangi debit atau limpasan air saat musim hujan agar  meresap ke dalam tanah dengan mudah. Upaya ini adalah cara untuk mencegah terjadinya banjir,” tegas Kapten Inf Suparlan.
Dalam sambutannya Kepala Staf Kodim 0804/Magetan Mayor Inf Suyono menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang hadir dan siap membantu penghijauan yang akan dilaksanakan. Tujuan penanaman ini tidak lain sebagai peneduh jalan dan mengurangi dampak pemanasan global.
Kepala Staf Kodim 0804/Magetan Mayor Inf Suyono. saat kami wawancara menyampaikan bahwa program tersebut merupakan wujud kepedulian TNI terhadap pelestarian lingkungan, saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyelenggaraan penghijauan tersebut.
Kepala Staf Kodim 0804/Magetan Mayor Inf Suyono menghimbau kepada masyarakat sekitar agar membantu memelihara dan menjaga keberadaan pohon yang ditanam tersebut sehingga mampu memberikan manfaat yang dapat dinikmati anak cucu kita nanti , imbuhnya.
Kesadaran masyarakat memang kurang terhadap kesadaran dan budaya menanam pohon, kebanyakan dikarenakan apa manfaat dan keuntungannya juga kurang dipahami. Berbagai manfaat dari pohon apabila kita ketahui diantaranya Secara klimatologis penghijauan akan menyerap karbondioksida (CO2) dan menghasilkan oksigen (O2) lewat fotosintesis, mengurangi kerusakan lingkungan mulai dari erosi, pencemaran udara, global warming, hingga bencana alam.(M Tasir Dim 0804)

Tidak ada komentar: