Senin, 20 Maret 2017

DANDIM 0804 HADIRI MUSRENBANG KABUPATEN MAGETAN TAHUN 2017 DALAM RANGKA PENYUSUSNAN RKPD TH 2018

MAGETAN, bertempat di Pendopo Surya Graha Kab Mgt,telah dilaksanakan kegiatan Musrenbang Kab Magetan th 2017 dalam rangka Penyusunan RKPD th 2018,dengan mengambil tema :" Pencapaian pertumbuhan ekonomi (agrobisnis) melalui penguatan kerjasama antar daerah dan swasta dlm rangka perluasan Pasar produk agribis".giat ini dihadiri sekitar 500 orang.

Dadir dalam acara tersebut  Bupati Mgt Dr.Drs.H.Sumantri,MM. Dandim 0804 Mgt Letkol Arm Heri Bayu Widiatmoko. Wabup Mgt Bpk Samsi,St.  Ka DPRD Kab Mgt Bpk Joko Suyono,S.Sos. Kapolres Mgt AKBP Muslimin,SIK. Dantim Intel AU Mayor Sus Sugito. Dansecata"A" Letkol Inf Ato Sugiatna. Ka Bakorwil Madiun Bpk Dr Supriyanto, SH, MH. Nara sumber Universitas Brawijaya Bpk Arif Hoctoro, SE, MT.  Plt Sekda Kab Magetan Sutikno,MM. Jajaran Asisten dan Staf Ahli Kab Mgt. Jajaran Ka SKPD/Kadis/Kabag Kab Mgt. Jajaran Camat Se Kab Mgt.  Jajaran Kades/Kakel Se Kab Mgt.  Para Pengusaha Kab Mgt. Ibu - Ibu Ketua Tim Pengerak PKK.

Rangkaian kegiatan dimulai Bupati Magetan beserta Forkopimda meninjau Stad Pameran disebelah barat Pendopo Surya Graha Kab Mgt dilanjutkan Foto bersama. Bupati Magetan memasuki tempat acara disambut dg tari Ledug dan Tari Gebyar Batik Pring Sedapur. kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya,dilanjutkan Doa. Laporan Ka Bepeda Litbang Bpk Marjoko,SH sbb maksud adalah forum musyawarah perencanaan pembangunan yang mengakomodasi peran-peran segenap komponen masyarakat, sebagai media koordinasi, komunikasi dan konsultasi program pembangunan dengan fokus pada realisasi kebutuhan masyarakat.  tujuannya adalah membahas, menilai dan menyepakati prioritas kegiatan pembangunan sesuai dengan Renja SKPD/ Rencana Kerja Satuan Kerja Pemerintah Daerah yang telah dikomplikasi dengan hasil musrenbang tingkat sebelumnya.Pertama-tama, marilah kita memanjatkan puji-syukur kehadirat Allah SWT, yang karena rahmat, hidayah dan ridha-NYA kita dapat berkumpul ditempat ini untuk melaksanakan pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan MUSRENBANG) Tahun 2017 guna menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah RKPD) Tahun 2018.  Proses perencanaan pembangunan daerah yang diwujudkan dengan penyusunan RKPD Tahun 2018, merupakan dokumen rencana pembangunan
tahunan peralihan antara periode RPJMD 2012 – 2017 dan RPJMD 2017 –2022.  Penyusunan RKPD
tahun 2018 dilaksanakan dengan mengakomodir upaya penyelarasan draft materi awal RPJMD 2017
– 2022.  Penyelerasan ini dilakukan dengan maksud untuk menjaga keselarasan RKPD tahun 2018 dengan background study RPJMD yang ada.

Sambutan Bapeda Jatim yang diwakili Ka Bokorwil Kab Madiun Dr Supriyanto,SH,MH menyampaikan bahwa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi sbb  Faktor Sumber Daya Manusia.  Faktor Sumber Daya Alam.  Faktor Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.  Faktor Budaya.  Sumber Daya Modal.  Pertumbuhan ekonomi Pemerintah jatim dr tahun ke tahun meningkat utk th 2016 sebesar 11,85 persen,utk kab Mgt sebesar 0,5 persen menjadi 10 pesen. Acara ini merupakan salah satu tahapan dalam mekanisme perencanaan di tingkat desa/kelurahan dan kecamatan dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2018.  Pembangunan Manusia merupakan komposit indeks kesehatan, indeks pendidikan, indeks ppp. Pertimbangan dalam Penyusuan RKPD tahun 2018 itu terdapat faktor resiko sehingga menahan laju perbaikan ekonomi.
Peningkatan infrastruktur dan konektivitas wilayah, serta pengembangan perumahan dan permukiman, peningkatan kualitas pendidikan, pelayanan kesehatan dan pembinaan mental, peningkatan penyelenggaraan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan melayani serta perwujudan desa tangguh dan mandiri, pengembangan dunia usaha dan pariwisata serta peningkatan pembangunan pertanian dan ketahanan pangan.
Dalam keberhasilan pembangunan daerah sangat ditentukan oleh perencanaan yang berkualitas, meminta untuk adanya kesepakatan dan konsisten dari para kepala SKPD bahwa pembangunan harus berorientasi kepada pengurangan angka kemiskinan.
Begitu pula pembangunan harus mendukung pemberdayaan diri sendiri (Self help) dari masyarakat terkhusus  usia angkatan kerja untuk siap serta mampu beradaptasi dan bersaing dalam Masyarakat Ekonomi Asean.

Penyampaian Pokok Pokok Pikiran oleh Ka DPRD Kab Mgt Bpk Joko Suyono,S.Sos sbb  Musrenbang ini untuk merumuskan pembangunan Magetan dalam anggaran tahun 2018 mendatang. Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kualitas hidup, penguatan infrastruktur dan pelayanan publik secara merata.
Musrenbang bukan lagi sebuah formalitas belaka yang asal jadi, asal ada, asal menggugurkan kewajiban. Tapi Musrenbang harus menjadi wadah pengusulan program yang dibutuhkan masyarakat sehingga tepat sasaran.
Pokok pikiran DPRD lahir sebagai bentuk untuk menampung aspirasi masyarakat serta alat kelengkapan DPRD bisa dilakukan dengan menyerap aspirasi masyarakat secara resmi.
Pada setiap tahunnya pencapaian pertumbuhan ekonomi Agrobisnis melalui kerjasama antar daerah dan swasta dalam rangka peluasan pasar produk.
Mendorong kegiatan Pendidikan yang murah, berkualitas dan stabil, terwujudnya industri olahan kerajinan dan peningkatan pertanian berbasis pasar.
Dengan diharapankan agar seluruh program kegiatan diarahkan pada kelompok-kelompok masyarakat miskindan marginal yang ditangani secara terpadu, terintegrasi serta saling bahu membahu, baik pemerintah, masyarakat maupun dunia usaha.
Pokok Pokok Pikiran Ka DPRD Kab Mgt sbb Meningkatkan terwujudnya yg Pemerintahan yg bersih dan tranparan. Pemda diharapkan mengotimalisasi pola anggaran Daerah dan SDM. Bidang pendidikan meningkatakan dan kwalitas pendidikan. Bidang Pertanian meningkatkan produksi pertanian dan Agro Wisata. Bidang Pariwisata sektor peningkatan sektor Pariwisata.
Bidang Industri dan Perdagangan.  Bidang Kesehatan peningkatan Pelayanan dan Kwalistas Kesehatan. Bidang Infrakstruktur Pemkab Mgt belum tercapai. Bidang Pengentasan kemiskinan. Sambutan Bupati Magetan Dr.Drs.H.Sumantri,MM,MSI sbb  kegiatan Musrenbang ini diharapkan mampu meningkatkan ekonomi Pemerintah Derah dan masyarakat khususnya kab Mgt,dg harapan dpt merumuskan RKPD yg berkwalitas.
- Bupati mengharapkan Program Program kerja yg diPrioritaskan harus cepat selesai,dg bantuan dana dari Pemerintah Pusat dan Pemda.di th 2018 adalah tahun politik karena bertepatan dg pemilihan Bupati Mgt.
- Kegiatan Musrenbang tahun 2017 tahun laksanakan ini mempunyai arti yang sangat penting bagi pembangunan Kabupaten Magetan. - Untuk menyepakati rencana kegiatan tahun anggaran yang akan datang dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari mekanisme perencanaan.
- Dijelaskan Musrenbang yang dilakukan ini, sesuai dengan amanat undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, dan bertujuan untuk, menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah kabupaten dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan daerah provinsi dan nasional.
- Mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada pemerintah daerah, mempertajam indikator kinerja program dan kegiatan prioritas daerah kabupaten, dan menyepakati prioritas pembangunan daerah serta program dan kegiatan prioritas daerah.
- RKPD tahun 2018, merupakan dokumen perencanaan tahun ke-2 pelaksanaan RPJMD Kabupaten Magetan tahun 2016-2021, dan merupakan momentum yang strategis untuk terus memacu pencapaian target dan sasaran pembangunan dalam upaya mewujudkan masyarakat yang maju, makmur, damai dan sejahtera.
- dilanjutkan Bupati Mgt membuka giat Musrenbang 2017. Paparan Pertumbuhan Ekonomi Kab Mgt dr Universitas Brawijaya Bpk Arif Hoctoro SE,MT sbb:  Pengertian pembangunan ekonomi adalah suatu upaya untuk menaikkan pendapatan total dan juga pendapatan perkapita dengan diperhitungkannya jumlah penduduk yang meningkat yang disertai dengan perubahan dasar di dalam struktur ekonomi dan pemerataan pendapat bagi warga negara.
- Taraf hidup bangsa yang diukur dengan rendah atau tingginya pendapatan perkapita. Adanya pembangunan ekonomi ini pertumbuhan ekonomi masyarakat akan meningkat.
- Kita lihat bahwa saat ini pemerintah Jokowi berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah lebih mengedepankan ekonomi kerakyatan. Bahkan diwacana online supermarket akan dihilangkan dalam waktu lima tahun ke depan. Semoga wacana ini benar-benar terwujud.
- Karena dampak dari adanya supermarket dapat membuat usaha kecil menengah bisa gulung tikar. Diperkirakan tahun depan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan meningkat sebesar 0,5 persen. Semoga jumlah angka pengangguran dan orang miskin terus berkurang. Akan tetapi saat ini nilai rupiah sangat lemah. Barang-barang dalam negeri pun harganya merangkak naik.
- Tujuan pembangunan ekonomi dibagi menjadi dua yaitu tujuan pembangunan ekonomi jangka pendek dan tujuan pembangunan ekonomi jangka panjang. Penjelasannya sebagai berikut:
1). Tujuan pembangunan jangka pendek adalah meningkatkan kesejahteraan, kecerdasan, dan taraf hidup masyarakat. Bisa juga mengentaskan kemiskinan, mengurangi pengangguran, dan mengurangi inflasi mata uang.
2). Tujuan pembangunan jangka panjang adalah mewujudkan masyarakat yang makmur dan adil yang merata secara meterial dan spiritual berdasarkan dengan nilai-nilai Pendidikan.
- Dampak Positif Pembangunan Ekonomi :
1. Melalui pembangunan ekonomi, pelaksanaan kegiatan perekonomian akan berjalan lebih lancar dan mampu mempercepat proses pertumbuhan ekonomi.
2. Adanya pembangunan ekonomi dimungkinkan terciptanya lapangan pekerjaan yang dibutuhkan oleh masyarakat, dengan demikian akan mengurangi pengangguran.
3. Terciptanya lapangan pekerjaan akibat adanya pembangunan ekonomi secara langsung bisa memperbaiki tingkat pendapatan nasional.
4. Melalui pembangunan ekonomi dimungkinkan adanya perubahan struktur perekonomian dari struktur ekonomi agraris menjadi struktur ekonomi industri, sehingga kegiatan ekonomi yang dilaksanakan oleh negara akan semakin beragam dan dinamis.
5. Pembangunan ekonomi menuntut peningkatan kualitas SDM sehingga dalam hal ini, dimungkinkan ilmu pengetahuan dan teknologi akan berkembang dengan pesat. Dengan demikian, akan makin meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
- Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi : 1. Adanya pembangunan ekonomi yang tidak terencana dengan baik mengakibatkan adanya kerusakan lingkungan hidup.2. Industrialisasi mengakibatkan berkurangnya lahan pertanian.  3. Hilangnya habitat alam baik hayati atau hewani.

Program Prioritas Pembangunan Kab. Magetan sbb : 1. Pendidikan, 2. Pertanian, 3. Pariwisata, 4. Industri, 5. Perdagangan, 6. Kesehatan, 7. Infrastruktur. Bupati Mgt dan Jajaran Forkopimda selanjutnya menuju ke Ruang Ramah Tamah Bupati (tsr dim 0804)

Tidak ada komentar: