Senin, 16 April 2018

Babinsa Desa Pragak Pendampingan Upaya Khusus (Upsus) Tingkatkan Swasembada Pangan


Magetan Parang, Babinsa merupakan salah satu penggerak bagi para petani (pelaku utama) dan Kelompok Tani, kegiatan UPSUS Peningkatan Produksi Padi sedang dilaksanakan oleh Serda M Lutfi Babinsa Koramil 0804/04 Parang Kodim 0804 Magetan Korem 081/DSJ dengan melaksanakan UPSUS pendampingan pertanian Penyiangan padi di Desa Pragak Kec Parang Kab Magetan Sawah Milik Bpk Wiji dengan Kelompok Tani Ngudi Makmur ketua Suhad Kec Parang Kab Magetan. Senin (16/04/18)
Penyiangan merupakan suatu kegiatan mencabut gulma yang berada di antara sela-sela tanaman pertanian dan sekaligus menggemburkan tanah. Gulma adalah tumbuhan yang kehadirannya tidak diinginkan pada lahan pertanian karena menurunkan hasil yang bisa dicapai oleh tanaman produksi ungkap Babinsa Desa Pragak serda M Lutfi.
Penyiangan padi bertujuan untuk membersihkan tanaman yang sakit, mengurangi persaingan penyerapan hara, mengurangi hambatan produksi anakan dan mengurangi persaingan penetrasi sinar matahari.  Tanaman yang ditumbuhkan harus mendapatkan semua nutrisi dan air yang diberikan oleh petani agar mampu menghasilkan secara optimal.
Metode penyiangan Sunting : Penyiangan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Secara manual dengan tangan yang dipilih secara selektif mampu membunuh gulma namun tidak menyakiti tanaman produksi. Herbisida digunakan ketika mekanisasi tidak memungkinkan atau tidak diinginkan.  dapat digunakan untuk melakukan penyiangan tanpa merusak tanaman produksi jika tanaman ditanam pada alur yang tepat. Penyiangan secara mekanis dapat membersihkan gulma dengan cepat, namun tidak seratus persen efektif karena akan ada sedikit gulma yang masih tersisa.
Petani Bapak Wiji sebagai pemilik lahan sawan sangat bertrima kasih kepada Babinsa karena babinsa selalu aktif dan selalu ada ditengah-tengah para petani di Desa Pragak ini, sehingga penyaluran pupuk bersubsidi tidak ada kendala. (MDC0804/R 04)

Tidak ada komentar: