Minggu, 15 April 2018

Danramil 0804/04 Parang Menghadiri Peringatan Isra Mi’raj di halaman Balai Desa Pragak Kec.Parang Kab Magetan

Parang,14/04/2018 Danramil 0804/04 Parang Kptn Inf Gunaman brserta Babinsa Desa Pragak Serda M Lutfi Menghadiri Peringatan Isra Mi’raj di Halaman Bakai Desa Pragak Kec Parang Jab Magetan.
Hadir dalam acara Peringatan Isra Mi’raj antara lain, KH Mashudi dari Kediri. Danramil 0804/04 Parang Kptn Inf Gunawan. Kapolsek Parang Akp Bayu Nirbaya Bakti. Kepala Desa Pragak Bok Supeni.  Para toga,toma,toda dan tamu undangan -+ 615 orang.
Adapun KH Mashudi sebagai pengisi tausiyah mengatakan Makna dari peringatan Isra Mi’raj atau Lailat al Miraj adalah mengenang perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Yerusalem menuju ke langit ketujuh. Umat Islam percaya bahwa Muhammad diangkat ke langit ketujuh untuk menerima perintah salat.
Sama seperti hari-hari besar lain di agama Islam, perayaan Isra Mi’raj setiap tahunnya diperingati pada hari yang berbeda. Hal ini disebabkan karena penggunaan kalendar yang berbeda dalam sistem penanggalan Islam.
Isra Mi’raj atau Lailat al Miraj adalah perayaan yang jatuh pada bulan Rajab tanggal 27. Tahun ini, perayaan tersebut jatuah pada tanggal 14 April penanggalan internasional.
Menurut Al-Quran, Isra Mi’raj berawal saat Nabi Muhammad SAW yang berada di Mekkah didatangi oleh malaikat. Ia dibawa ke ‘Masjid terjauh’ yang dipercaya sebagai Masjid Al Aqsa di Yerusalem. Di situlah Nabi Muhammad SAW berdoa bersama nabi-nabi dari masa yang sudah lampau.
Pada saat yang sama, Nabi Muhammad SAW diangkat ke surga dan ia berkesempatan untuk berbicara dengan Allah. Karena itulah perayaan ini disebur Isra Mi’raj. Mi’raj berasal dari bahasa Arab yang berarti naik. Jadi, Mi’raj merupakan simbol dari naiknya Nabi Muhammad SAW dari bumi ke langit ketujuh.
Peristiwa ini juga sangat penting bagi umat Islam karena dipercaya bahwa saat berada di sana Muhammad mendapat perintah salat lima kali dalam sehari. Karena itulah salat lima waktu yang sampai sekarang dijalankan oleh umat Islam.
Kepala Desa Pragak Supeni Mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada forkompimca yang telah hadir dan kepada para jamaah semua sehingga acara ini bisa berjalan dengan sukses. (MDC0804/R 04)


Tidak ada komentar: