Minggu, 08 April 2018

Melalui Kegiatan Outbond, Kodim 0804/Magetan Bentuk Sikap, Disiplin Dan Karakter Pelajar Sman 1 Barat

Sebagai implementasi penanaman wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air guna memupuk sikap, keterampilan dan kedisiplinan, serta kepemimpinan generasi muda yang berkualitas kepada siswa/siswi dapat dilakukan melalui kegiatan outbound.

Seperti yang dilakukan oleh anggota Koramil 08 Barat Kodim 0804/Magetan Serma Suroto, Serma Suyono dan Serma Harsono yang melaksanakan pendampingan kegiatan Perkemahan Pembantaraan SMAN 1 Barat di Secata Rindam V Brawijaya, Kab. Magetan, Minggu (08/04/18).

Kegiatan yang dilaksanakan  selama satu hari ini diikuti oleh 250 siswa/siswi  SMAN 1 Barat Kec. Barat Kab. Magetan di Lemdik Secata Rindam V Brawijaya Magetan.

Outbound merupakan ajang pembentukan karakter bagi para pelajar, termasuk juga menanamkan semangat bela negara kepada siswa/ siswi para generasi muda, agar mereka semakin mencintai tanah air dan negeri tercinta Indonesia ini.

Kepala sekolah SMAN 1 Barat Bpk Widodo sangat mendukung penuh kegiatan outbond ini dan menyampaikan bahwa rasa nasionalisme dan jiwa patriotisme juga semangat bela negara harus tetap ditanamkan setiap saat, khususnya bagi siswa/ siswi pemuda penerus bangsa.

Hal ini sangat penting agar semangat ini  akan terus terpatri dan tertanam dalam diri siswa/siswi para generasi muda, karena bukan tidak mungkin siswa/siswi inilah yang nantinya akan menjadi para pemimpin bangsa di kelak kemudian hari, lanjutnya.

Menurut Serma Suroto, bahwa seluruh rangkaian permainan outbound dalam rangka kegiatan wawasan kebangsaan nasional bertujuan untuk membentuk karakter siswa dan menerapkan pemahaman ideologi nasional yang pancasila sehingga dapat menumbuh kembangkan rasa nasionalisme dalam bentuk tindakan nyata.

Selain itu kegiatan semacam ini, juga merupakan bentuk kepedulian Kodim 0804/Magetan terhadap pembinaan generasi muda, jelasnya.

Terlihat para siswa/ siswi begitu antusias dan semangat dalam mengikuti kegiatan, mereka mengikuti kegiatan dengan penuh keceriaan, senang hati dan gembira.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan meliputi beberapa materi, seperti PBB, wawasan kebangsaan, pengenalan halang rintang, refling, peluncuran dan penyeberangan jembatan tali satu dan jembatan goyang.
 
     Diharapkan dengan melalui kegiatan outbound ini  diharapkan siswa/ siswi semakin memiliki kedisiplinan yang tinggi, bermental kuat, bermoral tinggi, punya jiwa kepemimpinan dan cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia serta memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dalam melaksanakan tugas - tugas yang akan datang. (MDC0804)

Tidak ada komentar: