Minggu, 08 Juli 2018

Babinsa Desa Baluk Serda Nur Basuki Dampingi Petani Panen Padi di Desa Binaan.


Karangrejo -  Bintara Pembina Desa ( Babinsa )   mendampingi kelompok tani "Makmur" untuk melakukan panen padi di Dusun Grogolan, Desa Baluk, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Minggu (08/07/2018)

Babinsa Ds. Baluk Serda Nurbasuki, Pada harus  Minggu menyempatkan diri karena merupakan bagian dari tugas dan kewajiban sebagai Babinsa , mengatakan pihaknya bersama petugas penyuluh lapangan / PPL dari UPTD / Distan tingkat Kecamatan bersinergi (PPL) mendampingi /monitoring langsung bersama kelompok tani tani untuk memanen padi di Desa Baluk seluas 2 Ha.


 Turunnya Babinsa di sawah/ lahan pertanian bersama PPL diharapkan dapat memberikan motivasi  para petani dan diharapkan semakin paham terhadap program pemerintah utk menuju swasembada pangan termasuk paham juga ttg ketahanan pangan.
Dan tau langsung perkembangan hasil panen khususnya padi di wilayah desa binaannya.
Ujar Babinsa bersama mitra kerjanya yaitu petugas PPL yg sdh punya sektor binaan para petani melalui kelompok tani yg sdh terorganisasi dg baik di desanya.

Menurut dia, kegiatan monitoring panen padi secara langsung tersebut merupakan bentuk kegiaran nyata dilapangan karena supaya tau langsung tidak hanya secara teori atau data administrasi saja.
 Kepedulian  Babinsa tsbt bukti nyata juga kedekatan dg petani bagian juga kemanunggalan TNI dg rakyat yg tidak membeda profesi di lingkungan masyarakat.

Komandan Koramil 0804/07 Karangrejo Kapten Inf Arif. W  menjelaskan bulan Juli 2018 ini merupakan panen MT 2 di  Kecamatan Karangrejo yang menanam padinya pada Maret  2018.

Kapten Inf Arif W mengatakan pihaknya bersama UPTD Pertanian Karangrejo bertekad memaksimalkan produktivitas dan areal tanam, bahkan beberapa waktu yang lalu Dinas Pertanian Kab. Magetan sudah mengecek beberapa lahan yang belum ditanami padi.

Pendataan dan koordinasi dg instansi terkait sampai dg kepada kelompok tani terus dilakukan dan berupaya terus terjalin komunikasi serta dipelihara dg baik dg harapan kendaka dari petani termasuk kebutuhan sarana dan prasarananya, selau dimonitor dan diperhatikan utk di bantu di salurkan aspirasi petani melalui gapoktan kepada instansi terkait yg membidangi.

Sementara Ketua kelompok tani " Makmur " H. Mubin menyampaikan rasa terima kasih kepada Babinsa yang mendampingi kelompok tani dg penuh perhatian sejak penanaman hingga masa panen.

Apa yang kami lakukan ini pada kesempatan yg ada selalu mendapatkan penyuluhan dan bimbingan baik secara teknis maupun praktek dilapangan oleh PPL berkerjasama dg Babinsa, dari hasil panen saat ini dengan menggunakan penghitungan sistem ubinan mengalami peningkatan dari panen sebelumnya,ungkap PPL yg sdh mengecek langsung di lapangan.

Ia mengatakan panen sebelumnya per hektare menghasilkan sekitar 5 - 6 ton  kini diperkirakan bisa mencapai sekitar 7 - 8  ton lebih per ha. Jelasnya (By-R.07)

Tidak ada komentar: