Selasa, 31 Juli 2018

Babinsa Desa Tanjung Sertu Jayadi Panen Jagung Bersama Warga Binaannya

BENDO, www.kodim-magetan.com Sertu Jayadi selaku Babinsa Desa Tanjung Koramil 0804/13 Bendo ikut serta dalam panen jagung bersama warga binaanya. Ini merupakan wujud kepedulian Babinsa dalam rangka mewujudkan program pemerintah untuk swasembada pangan, Dalam swasembada pangan Babinsa ikut serta dalam pendampingan kepada para petani maupun kelompok tani dalam menanam Padi, Jagung dan kedelai (Pajale). (Selasa, 31/07/18)


Karena sekarang ini musim kemarau yang panjang, untuk mensiasati agar sawah-sawah para petani tetap menghasilkan sesuai dengan target tercapainya swasembada pangan maka Babinsa mengajak masyarakat untuk menanam jagung. Selain usia panen yang relatif singkat juga memerlukan air yang sangat sedikit. Ini beda dengan menanam padi yang memerlukan banyak air mulai dari pengolahan lahan sampai keluar bulir padinya.

Sertu Jayadi menyampaikan bahwa  para petani jagung saat ini sangat puas dengan hasil panen kali ini, pasalnya selain tongkol jagung yang besar-besar juga tidak ada hama tikus atau hama lainnya pada saat mulai tanam hingga berbuah, sehingga hasil panen kali ini sangat bagus dengan hasil yang sesuai harapan para petani semua. Sehingga para petani dan Babinsa dengan semangat pagi ini untuk melaksanakan panen jagung bersama.

Ibu Waginem salah satu warga yang ikut tanam jagung sekaligus bersama-sama ikut panen kali ini mengutarakan bahwa sawahnya jauh dari pengairan dan hanya mengandalkan tadah hujan. Sehingga pada saat musim kemarau seperti ini agak kesusahan kalau tanam padi lagi, maka dari itu saya tanami jagung agar mengurangi kebutuhan air. Berkat pendampingan Bapak Babinsa yang selalu hadir ditengah-tengah para petani dan selalu memberi motivasi dan dorongan agar para petani selalu semangat dalam menanam Padi, Jagung dan Kedelai (PAJALE) sehingga para petani selalu antusias untuk menanam PAJALE tersebut supaya program pemerintah dalam mewujudkan Indonesia Swasembada Pangan akan terwujud. (R13)

Tidak ada komentar: