Kamis, 19 Juli 2018

Generasi penerus pemimpin bangsa harus yang pancasilais


Parang, Danramil 0804/04 Parang Kapten Inf Gunawan memberikan materi jadilah bangsa yang Pancasilais kepada Siswa Siswi Baru di SMK Panca Bakti Parang Kec. Parang Kab Magetan. 19/07/2018.

Di dalam menyampaikan materinya Kapten Inf Gunawan menjelaskan,Sebagai Generasi Penerus Pemimpin Bangsa Pancasila adalah jati diri bangsa Indonesia sebagai falsafah, ideologi dan alat pemersatu bangsa Indonesia.mska dari itu Pancasila merupakan pandangan hidup, dasar negara dan pemersatu bangsa Indonesia yang beragam suku ras dan agama atau yang sering disebut bangsa yang majemuk. “ungkapnya”

Dan Kapten Inf Gunawan menjelaskan kepada para siswa siswi Baru SMK Panca Bakti Parang,Kondisi ini dapat terjadi karena di dalam perjalanan sejarah dan adanya kompleksitas keberadaan bangsa Indonesia seperti adanya keragaman suku, agama, bahasa, daerah, pulau, adat istiadat, kebiasaan budaya serta warna kulit jauh berbeda satu sama lain, tetapi mutlak harus dipersatukan melalui nilai dasar Pancasila.

Kapten Inf Gunawan mengingatkan bahwa bangsa Indonesia memiliki kepribadian yang berlandaskan Pancasila, sehingga dihormati dan disegani oleh bangsa lain. Pancasila tidak sekadar slogan, tetapi harus benar-benar dihayati dan diamalkan.

Menurutnya, Pancasila akan menjadi sakti kalau Pancasila jadi kepribadian bangsa. Kita wajib untuk meningkatkan kewaspadaan nasional dan ketahanan mental ideologi Pancasila. Seperti halnya kewaspadaan tantangan globalisasi, liberalisasi dan postmodernisme. Kemampuan menghadapi tantangan mendasar yang akan melanda kehidupan bangsa seperti sosial ekonomi dan politik, bahkan mental dan moral bangsa. Maka benteng terakhir yang diharapkan mampu bertahan ialah dengan keyakinan nasional atas kebenaran dan keunggulan dasar negara Pancasila baik sebagai filsafat hidup bangsa maupun sebagai dasar negara,” tegasnya.

Kepala Sekolah SMK Panca Bakti Parang mengucapkan sangat sangat bertrimakasih banyak kepada Danramil karena kegiatan seperti ini harus digalakan lagi atau ditumbuhkan lagi karena belakangan ini kegiatan seperti ini sudah hilang seperti penataran P4.(R 04)

Tidak ada komentar: