Kamis, 19 Juli 2018

Pembentukan Jati Diri Merupakan Langkah Awal Untuk Membentuk Pemuda Yang Berkarakter dan Cinta Tanah Air


Maospati . Pembinaan generasi muda yang berkarakter,disiplin dan cinta tanah air sangatlah diperlukan dalam membentuk mental, moral dan jati diri serta budipekerti yang luhur bagi peserta didik yang diadakan di sekolah agar masing-masing individu dapat mengembangkan diri dan aktif dalam setiap kegiatan serta dapat menciptakan ide-ide yang kreatif yang bersifat positif.

Disamping dilaksanakan di sekolah,lingkungan keluarga dan masyarakat juga harus ikut berperan serta dalam pembentukan dan pembinaan karakter generasi muda karena hal tersebut sangat mempengaruhi berhasil tidaknya pembinaan karakter yang dilaksanakan yang bertujuan untuk menanamkan dan membentuk sifat atau tekad yang bulat yang diperoleh dari nilai dan norma-norma yang ditanamkan mulai dari lingkungan keluarga,sekolah dan masyarakat dengan menanamkan sikap dan tekad yang kuat serta disiplin dalam belajar demi tercapainya apa yang dicita citakan. Dengan memperoleh bimbingan yang baik dan benar yang nantinya diharapkan para siswa dan siswi sebagai generasi muda penerus bangsa selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan.

Menyikapi hal tersebut diatas Komandan Koramil 0804/06 Maospati Kapten inf. Suryo Margono berkoordinasi dengan Kepala Sekolah SMAN 1 Maospati Ibu Dra Siti Ruf'iah S.ip untuk melaksanakan kegiatan pembinaan generasi muda yang berorientasi kepada para siswa dan siswi didik baru sejumlah 325 siswa..

Sekolah adalah merupakan suatu lembaga pendidikan formal yang sangat menentukan dalam pembentukan kepribadian siswa dan siswi di sekolah karena bangsa yang generasi mudanya kuat dan berkepribadian tidak akan mudah tergoyahkan oleh segala ancaman apapun juga, karena Pembinaan generasi muda terutama usia sekolah disamping untuk pembentukan karakter bagi siswa/siswi di sekolah juga sebagai upaya dalam pembinaan ketahanan wilayah, karena Sekolah sebagai tempat kegiatan proses belajar mengajar mempunyai kontribusi yang sangat besar dan penting dalam pembentukan karakter peserta didik sebagai generasi penerus bangsa yang akan memimpin bangsa ini di masa yang akan datang.

Dalam kesempatan ini pula Danramil 0804/06 Kapten Inf. Suryo Margono menyampaikan bahwa “ Pendidikan generasi muda yang berkarakter dan cinta tanah air akan berhasil apabila lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat masing-masing dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan apa yang sudah digariskan dan diharapkan. Namun jika salah satu tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik maka proses pendidikan karakter dan cinta tanah air tidak akan berhasil ”. Demikian penekanan kapten inf. Suryo Margono. [R.06]

Tidak ada komentar: