Rabu, 25 Juli 2018

Pembukaan Bimtek Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana



Parang - Bati Bhakti TNI Koramil 0804/04 Parang Kodim 0804 Magetan Serma Kadirun menghadiri pembukaan Bimtek pengkajian kebutuhan pasca bencana (jitupasna) di Pendopo Kec. Parang Kab Magetan.25/07/2018.

Direktorat Penilaian Kerusakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaksanakan kegiatan fasilitasi pengkajian kebutuhan pascabencana (jitu pasna)  di ikuti oleh 25 peserta dari perwakilan tiap-tiap Desa Koramil dan Polsek.

Acara ini dibuka oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) yang di wakili sekertasi Bpk Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa Kecamatan Parang adalah daerah yang rawan bencana karena termasuk daerah pegunungan dan sekaligus perbatasan dengan Kab Ponorogo dan Kab Wonogiri jawa tengah, oleh karena itu kualitas sumber daya manusia (SDM) khususnya bidang penilaian kerusakan  perlu ditingkatkan, karena saat ini kualitas SDM di BPBD sangat kurang, dan diharapkan dengan adanya acara ini peserta dapat meningkatkan pengetahuan mengenai pengkajian kebutuhan pascabencana, agar pendanaan rehabilitasi dan rekonstruksi dapat tepat sasaran.

Tujuan dari acara ini adalah untuk memperkuat kapasitas sumber daya manusia (SDM) pada bidang rehabilitasi dan rekonstruksi sehingga mempunyai pemahaman yang sama mengenai pengkajian kebutuhan pascabencana serta mampu menyusun dokumen rencana aksi rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana, sehingga dapat membantu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam melakukan verifikasi data kerusakan.

Bpk Suparman mengucapkan banyak-banyak trimakasih kepada forkopimca Parang yang selama ini sudah bekerja sama dengan baik sehingga setiap ada bencana alam bisa diatasi dengan cepat dan lancar. ( R 04 )

Tidak ada komentar: