Senin, 30 Juli 2018

Tumbuhkan Nasionalisme Di Kalangan Pelajar Melalui Upacara Bendera Di Sekolah


Takeran - Upacara bendera setiap hari Senin merupakan kegiatan wajib yang harus dilaksanakan oleh seluruh sekolah, baik sekolah negeri maupun swasta. Kewajiban ini berdasarkan Permendikbud RI Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti .  Oleh karena itu setiap hari senin MIN 7 Takeran menyelengarakan Upacara Bendera di halaman sekolah. Tampak sebagai Inspektur upacara pada Senin pagi (30/7/2018) Danramil 0804/11 Takeran Kapten Inf Sapan.

Kapten Inf Sapan mengatakan Upacara Bendera hari Senin mempunyai manfaat yang sangat baik bagi upaya penumbuhan budi pekerti dan karakter bangsa, terutama nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan. Nilai-nilai tersebut terkandung di dalam setiap urutan kegiatan/tata upacara bendera. Nilai-nilai tersebut diantaranya adalah nilai kedisiplinan, kepemimpinan, kerja sama dan kekompakan, kekuatan fisik dan mental dan patriotisme. Nilai- nilai tersebut diharapkan mampu terpatri pada setiap siswa MIN 7 Takeran. “tegasnya”

Pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI telah mengeluarkan Pedoman Upacara Bendera di Sekolah terbaru. Pedoman tersebut tertuang  dalam Permendikbud Nomor 28 Tahun 2018 Tentang Pedoman Upacara Bendera, tertanggal 25 Juni 2018.

Sebagaimana tertuang dalam permendikbud, ada 6 tujuan dari penyelenggaraan upacara bendera di sekolah, diantaranya Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Membiasakan bersikap tertib dan disiplin,Meningkatkan kemampuan memimpin, Membiasakan kekompakan dan kerja sama, Menumbuhkan rasa tanggung jawab dan Mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air.

“Upacara bendera juga mengajarkan pada seluruh siswa untuk senantiasa mengenang jasa para pahlawan, mendoakannya, dan menyanyikan lagu-lagu nasional yang membuat peserta didik tahu sejarah bangsa Indonesia dan menanamkan jiwa patriotisme di kalangan siswa” sambungnya.

Sementara itu Kepala Sekolah MIN 7 Takeran sangat mengapresiasi kertelibatan TNI khususnya Koramil 0804/11 Takeran dalam menanamkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air kepada siswa-siswi MIN 7 Takeran sehingga siswa mampu memahami makna pentingnya melaksanakan Upacara Bendera setiap hari Senin di sekolah. “ucapnya” (R.11)

Tidak ada komentar: