Rabu, 18 Juli 2018

Wujudkan Peserta Didik Berkarakter dalam rangka Memperkokoh Rasa Kebangsaan


Magetan. Nuansa tahun ajaran baru 2018/2019, SMAN 2 Magetan menyelenggarakan  MPLS (masa pengenalan lingkungan sekolah), Bertempat di halaman SMAN 2 Magetan, 1020 siswa mendapat wawasan kebangsaan dan bela negara dari Kasdim 0804/Magetan Mayor Inf Muji Wahono. Rabu(18/7/218)

Sesuai dengan tema yang diusung wujudkan peserta didik berkarakter dalam rangka memperkokoh rasa kebangsaan, maka mengedepankan empat pilar kebangsaan, yakni  NKRI, Kebhinekaan, Pancasila dan UUD 1945 merupakan hal yang mutlak harus diajarkan di tiap-tiap sekolah.

Kasdim 0804/Magetan mengatakan, pendidikan karakter masih menjadi materi utama MPLS, disamping penguatan 4 pilar kebangsaan.   Materi yang diberikan lebih menekankan pada pendekatan individual, pendekatan karakter, agar sesuai dan selaras dengan apa yang diharapkan oleh bangsa dan negara.

Adapun materi yang disampaikan oleh Kasdim diantaranya tentang empat pilar kebangsaan, bela negara, wawasan kebangsaan dan situasi bangsa Indonesia saat ini dan eskalasi ancaman nyata saat ini, Kasdim meminta agar seluruh siswa ditanamkan rasa cinta tanah air. “Wawasan kebangsaan diberikan untuk membekali rasa cinta tanah air dan menjauhkan mereka dari ancaman paham radikal yang mengancam kesatuan bangsa,” pungkasnya.

Wawasan kebangsaan, menurut mayor Inf Muji Wahono sangat penting dan perlu dilakukan, terutama di saat siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah maupun berinteraksi sosial di lingkungan masyarakat. Ia berpendapat, wawasan kebangsaan bukan lagi menjadi agenda rutin tahunan, melainkan sarana pengenalan jatidiri sebagai warga negara Indonesia.

Senada dengan hal tersebut Kepala sekolah SMAN 2 Magetan mengatakan wawasan kebangsaan dalam agenda MPLS memang sangat perlu dan penting dalam mengkoreksi berbagai pengetahuan yang didapat saat berinteraksi di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Pelaksanaan MPLS bertujuan mengenalkan dan membiasakan siswa dalam suasana lingkungan sekolah. Mereka mendapatkan materi wawasan kebangsaan dan bela negara, sebagai penanaman karakter patriotisme para siswa sebagai calon pemimpin bangsa.


Dalam wawasan kebangsaan yang diselenggarakan di SMAN 2 Magetan  para siswa mendapatkan penjelasan berbagai hal yang berhubungan erat dengan cinta tanah air dan bela negara. Selain pengetahuan seputar historis perjalanan bangsa, siswa siswi juga secara langsung mengintropeksi diri dalam kapasitasnya sebagai pelajar di lingkungan sekolah dan di lingkungan masyarakat. Selain itu siswa-siswi SMUN 2 Magetan juga mendapatkan pelatihan baris berbaris oleh Kodim 0804/Magetan guna melatih disiplin dan kebersamaan serta membentuk sikap dan karakter siswa. (MDC0804)


Tidak ada komentar: