Kamis, 16 Agustus 2018

Dan Pos Kartoharjo Koramil 0804/08 Barat Menghadiri Karnaval Paud & TK

Karnaval budaya yang mengusung tema*keberagaman budaya nusantara* dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan Ke-73 Republik Indonesia berlangsung meriah di Desa Kartoharjo Kec.Kartoharjo, Rabu (14/8/2018),pukul 14.30 s/d selesai.

Ratusan anak-anak dari berbagai PAUD dan sekolah TK di wilayah Kecamatan Kartoharjo tampil cantik dan gagah ikut memeriahkan HUT RI yang ke 73 dengan warna warni budaya nusantara.
Beragam kesenian tradisional dan pakaian adat nusantara yang dikenakan para peserta membuat mereka tampak bangga dan senang serta menjadi sorotan ribuan pasang mata di sepanjang rute karnaval yang dilalui peserta.


Karnaval budaya yang menampilkan warna warni budaya nusantara sebagai salah satu kekayaan budaya ini dipusatkan di Desa Kartoharjo,tepatnya di halaman KUD SAPTO RAHARJO.
Peserta karnaval yang mempertontonkan keindahan warna budaya nusantara di mulai dari depan KUD SAPTO RAHARJO dan finish di Pendopo Kecamatan dengan jarak kurang lebih 1 kilometer.
Dalam pawai karnaval ini, para peserta menggunakan berbagai pakaian adat seperti adat bugis, mandar, jawa, toraja, mamasa dan pakaian adat nusantara lainnya.
Selain pakaian adat, ada pula peserta yang menggunakan kostum seperti tentara, polisi, nelayan dan petani.

Meski berbeda warna kostum dan kesenian namun para peserta tampak bangga mengenakan pakaian adat nusantara.
Tak heran jika banyaknya penonton di sepanjang rute karnaval yang gemas dengan penampilan cantik dan menawan para peserta kerap memancing perhatian peserta yang mengikuti karnaval.

Bapak Sutikno yang sehari hari menjabat sebagai Kepala Sekolah SDN 1 KARTOHARJO yang juga sebagai panitia dalam giat tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini rutin digelar dalam memperingati HUT ke-73 RI.
Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi cikal bakal tumbuhnya semangat keberagaman dan toleransi di kalangan anak-anak dan generasi muda kelak.
“Kita berharap tema karnaval tahun ini bisa menyebarkan semangat keberagaman dan toleransi antar komponen bangsa terutama di kalangan generasi muda sebagai cikal bakal anak bangsa,” tegasnya.

Camat Kartoharjo yang diwakili oleh Sekcam Bapak Tarmuji mengatakan bahwa lomba ini untuk melestarikan adat budaya dan kearifan lokal. Kegiataan ini dalam rangka memperingati HUT Pramuka dan HUT RI. Tahun ini, Kecamatan Kartoharjo memusatkan kegiatan di Desa Kartoharjo.
Sekcam juga menjelaskan selain karnaval bertema keberagaman dan toleransi, juga digelar berbagai kegaiatan lain.
“Semangat keberagaman dan toleransi penting untuk ditanamkan kepada generasi muda sejak dini agar kelak ketika menjadi dewasa bisa saling menghargai dan menghormati keberagaman budaya etnis nusantara yang kaya,”ucapnya.

Tampak hadir pula dalam giat tersebut Dan pos Kartoharjo Pelda Slamet,Waka Polsek Kartoharjo Ipda Sujono serta Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Kartoharjo,yang ikut membantu mengamankan kegiatan karnaval tersebut.

Tidak ada komentar: