Selasa, 14 Agustus 2018

Danramil 0804/11 Takeran, Pramuka Sebagai Perekat Persatuan Bangsa


Takeran – Dalam rangka memperingati HUT Pramuka ke 57 tahun 2018, Gerakan Pramuka Kwartir rannting Takeran mengelar upacara di lapangan Ds. Kuwonharjo kec. Takeran kab magetan. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Komandan Koramil 0804/11 Takeran kapten Inf Sarpan dan Forkopimca serta pembina pramuka se Kecamatan Takeran. Selasa /13/8/2018.

Danrmil 0804/11 Takeran Kapten Inf Sarpan sebagai pembina saka wirakartika ranting Takeran disela sela kegiatan mengatakan bahwa Gerakan Pramuka merupakan Garda terdepan perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Pendidikan Kepramukaan yang  berlandaskan pada Satya dan Darma Pramuka harus benar-benar tertanam dalam hati setiap insan Pramuka sebagai pedoman bersikap dan berprilaku.

Organisasi  kepanduan perlu dipupuk menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Dengan menyatukan organisasi-organisasi kepanduan menjadi Gerakan Pramuka, hal tersebut ditandai dengan diterbitkannya keputusan presiden Nomor 238 tahun 1961. “ jelasnya”.

Gerakan pramuka merupakan penyatuan dari 60 organisasi kepanduan untuk dapat menjadi perekat bangsa. Presiden Soekarno telah menyerahkan Panji Gerakan Pramuka kepada Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka pada tanggal 14 agustus 1961 yang berpesan bahwa Gerakan Pramuka berfungsi untuk membina dan memantapkan Karakter Kaum Muda Indonesia.

"Pesan Bung Karno ketika itu "berusahalah sehebat-hebatnya untuk mengembangkan dan meluaskan gerakan kita. Sampai pada suatu ketika setiap anak dan pemuda serta pemudi kita, baik mahasiswa yang di kota maupun yang menggembala kerbau di desa, dengan rasa bangga dan terhormat dapat menyatakan Aku Pramuka Indonesia". Gerakan Pramuka menjadi "Rumah Besar" kita, dan saya yakin Pramuka dapat menyatukan bangsa ini ketika banyak pihak yang memiliki berbagai kepentingan lainnya. Potensi Gerakan Pramuka sangat besar, mimpi dan visi-misinya besar, anggota tersebar di seluruh pelosok tanah air, dan jaringan yang kuat dengan organisasinya yang terstruktur secara sistematis," imbuhnya.

Gerakan pramuka sangat baik dalam pembentukan ''human character building'' (pembentukan karakter manusia) yang terbukti mampu menciptakan insan yang mandiri dan bertanggung jawab. Untuk mewujudkan semuanya itu agar tiap-tiap jenjang pendidikan memasukkan pendidikan gerakan pramuka diantaranya bisa dimasukkan dalam pendidikan pengembangan diri, ekstrakurikuler atau yang sejenisnya. Dikatakan juga gerakan pramuka mencakup seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara yang tertuang dalam Dasar Dharma Pramuka. (R.11)

Tidak ada komentar: