Jumat, 31 Agustus 2018

Koramil 10 Kawedanan Dan Polsek Kawedanan Melaksanakan Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan


Kawedanan,  Kebakaran hutan merupakan salah satu bencana nasional yang harus mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah maupun masyarkat.

Selain dapat menimbulkan kerugian materi dikarenakan dapat melumpuhkan kegiatan perekonomian bencana ini juga dapat menimbulkan korban jiwa sebagai dampak dari asap yang dihasilkannya. Dampak terhadap lingkungkan juga tidak sepele, ekosistem seimbang yang ada dihutan akan terganggu, habitat-habitat alami binatang juga hilang yang bisa menyebabkan kepunahan pada binatang tersebut. Dampak terhadap lingkungan yang lain adalah kebakaran ini akan berkonstribusi dalam peningkatan efek rumah kaca yang dapat mempengaruhi iklim secara global karena CO2 yang diproduksinya. Selain itu, kebakaran hutan juga dapat mengurangi daerah penahan air hujan sehingga dapat menimbulkan bencana lain seperti banjir bandang dan tanah longsor.


Hal tersebut Forkopimca Kawedanan bekerja sama dengan BNPB Kabupaten Magetan mengantisipasi kebakaran hutan didaerah gunung bancak yang terletak di tiga perbatasan Kecamatan , yaitu Kecamatan Kawedanan , Kecamatan Lembeyan dan Kecamatan Parang.

Mengingat dampak yang sangat memprihatinkan akibat kebakaran hutan ini, maka masyarakat dan pemerintah harus proaktif untuk menanggulangi bencana ini. Tindakan persuasif harus dilakukan agar tidak terjadi lagi kebakaran hutan yang dikarenakan sengaja dibakar untuk membuka lahan pertanian atau perkebunan.

Dalam hal ini mengingat dampak kebakaran sangat membahayakan masyarakat , lingkungan dan habitat lainnya maka Anggota dari Polsek Kawedanan yang dipimpin langsung oleh Kapolsek beserta Anggota Koramil Kawedanan Bati Tuud dan Bati Komsos , BNPB , Kepala Desa dan Masyarakat sekitar mengecek langsung dilokasi kebakaran .
Untuk menghidari kebakaran lagi Kapolsek Kawedanan menghimbau kepada masyarakat sekitar Gunung Bancak untuk tidak membakar sampah atau membuang puntung rokok di sekitar gunung bancak , dikarenakan musim kemarau ini sangat panjang dan api mudah sekali membakar daun dan ranting yang kering, jelas Akp Gangsar Kumoro SH.
Selain dapat menimbulkan kerugian materi dikarenakan kebakaran , juga dapat melumpuhkan kegiatan perekonomian dan bencana ini juga dapat menimbulkan korban jiwa.
Selain itu Kapolsek Kawedanan juga menghimbau kepada Bapak Babinsa yang sudah ditugaskan bersama dengan Babinkamtibmas dan masyarakat harus aktif melaksanakan patroli pencegahan kebakaran hutan dan lahan. (R 10)

Tidak ada komentar: