Selasa, 04 September 2018

Babinsa Desa Mojorejo Membantu Pebngamanan Latihan Manasik Haji


Babinsa Desa Mojorejo Koramil 0804/10 Kawedanan Pelda Karmidi menghadiri dan membantu pengamanam kegiatan latihan manasik haji yang  diikuti sekolah TK Se-kecamatan Kawedanan, dengan jumlah siswa 485 orang dan panitia terdiri dari guru serta pembimbing. Hj siti nuromah selaku panitia menuturkan Bahwa dengan kegiatan latihan simulasi manasik haji ini, para siswa TK akan lebih mengerti, memahami serta melatih kepekaan dislipin tentang agama sejak mulai dini.  Acara ini juga dihadiri kemeneg Kab.Magetan, dan tokoh-tokoh desa serta orang tua yang mendampingi siswa.



Kegiatan Manasik dengan rangkaian  Thawaf mengelilingi Kabah dan Hajar Aswadnya , Sa'i dan Lempar Jum'rah ini memang wajib diperkenalkan kepada para anak-anak usia dini ini agar menjadi bekal iman dan taqwa untuk masa depannya.

Ada pepatah mengatakan mendidik anak secara keras dan disiplin di saat kecil  ibarat mengukir diatas batu, sesuatu yang akan membekas kedalam memori mereka, apalagi usia anak-anak di rentang waktu taman kanak-kanak termasuk usia emas.

Para orang tua murid yang hadir dalam acara ini sempat berkomentar kegiatan seperti seharusnya sering dilakukan, mengingat serbuan permainan game on line dan pengaruh internet yang makin bebas  membuat banyak anak-anak  menyaksikan program yang belum saatnya mereka lakukan dan tonton.

Manasik Haji bagi mereka yang akan melakukan ibadah haji atau umroh merupakan latihan membaca doa bagi para calon haji setiap thawaf, sa'i, dan lempar jumrah.

Secara umum Thawaf mengelilingi Kabah adalah wujud penyembahan dan penghormatan kepada Allah SWT , Sa'iibarat melakukan kegiatan lari-lari kecil yang dilakukan istri Nabi Ibrahim dalam mencari air antara bukit Shafa dan Marwah.

Sedangkan lempar jum'rah ibaratnya kita melempar batu kerikil kecil kepada dinding yang dianggap sebagai perwujudan setan penganggu manusia yang harus dihindari dan dilawan.

Babinsa Pelda karmidi pada kesempatan itu menyampaikan memang bener usia dini perlu adanya  pengawasan serta pembelajaran/contoh tentang hal hal yang positif, karena pada usia dini sangat mudah serta cepat menerima pengaruh/beradaptasi sehingga dapat membentuk  ifat,watak,kepribadian yang baik. Seperti halnya kegiatan sekolah  TK  dalam rangka Pengenalan Manasik Haji , tingkat Taman Kanak Kanak Sekecamatan Kaewedanan Kabupaten Magetan (tsr/mdc0804)

Tidak ada komentar: