Jumat, 28 September 2018

Danramil 0804/11 Takeran Bersama Muspika Hadiri Acara Bersih Desa Kiringan


Magetan, Komandan Koramil (Danramil) 0804/11 Takeran Kapten Inf Suprianto beserta Muspika Kecamatan Takeran menghadri acara Bersih Desa di Desa Kiringan Kecamatan Takeran Kab Magetan, Kamis malam (28/09/18).

Tradisi bersih Desa merupakan tradsi turun temurun dari zaman leluhurnya yang di adakan setiap setahun sekali. Adapun kegiatan Bersih Desa yang dilakukan oleh seluruh masyarakat dengan mengadakan selamatan syukuran di tempat-tempat yang di anggap keramat oleh masyarakat setempat yang konon menurut cerita dari nenek moyang tempat tersebut adalah tempat Pejuang yang telah babat (buka) Desa Tersebut.


Nguri- nguri Budaya Leluhur, Dusun ganggong ds kiringan, Adakan BERSIH DESA. Dalam rangka Memperingati Bulan Muharram (Suro) Ds kiringan kecamatan takeran Kabupaten Magetan mengadakan acara Bersih Desa yang dihadiri Muspicam serta undangan sekitar 150 orang.

Ritual bersih desa merupakan tradisi yang sudah  ada dari para leluhur yang menempati suatu wilayah yang dilaksanakan setiap tahun. Selain ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, juga bagian pelestarian budaya.

 Kegiatan bersih desa rutin dilakukan setiap tahunnya. Perayaan bersih desa kali ini, dilaksanakan di punden mas joko dusun ganggong ds kiringan kecamatan takeran Kabupaten Magetan, kamis 27-09-2018.

Tradisi bersih desa diawali dengan berkumpulnya masyarakat dan perangkat ds kiringan dipunden "MAS JOKO" dusun ganggong, yang  dipercaya titik awal berdirinya Dusun ganggong ds kiringan.
Acara bersih desa di awali dengan dzikir dan tahlil.

Kepala Desa kiringan Bapak Lamiran mengatakan Kegiatan bersih desa ini kita awali dengan Doa, Dzikir dan Tahlil bersama,diteruskan selamatan  bersama seluruh perangkat Desa dan masyarakat, setelah itu di gelar wayang kulit semalam suntup dalang "Ki Nardi" dari pacitan lakon PANDAWA SAMPRAT/PANDAWA TOPO BROTO.

Bapak Lamiran berharap bersih desa yang merupakan tradisi budaya nenek moyang perlu di lestarikan agar anak cucu mengenal budaya desanya.
Masih menurut Lamiran Harapan  kedepan seluruh warga Desa kiringan selalu diberikan Kerukunan, Kesehatan, Tanaman yang subur dan rezeki yang barokhah oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Disamping itu kegiatan yang diikuti warga masyarakat dan perangkat desa kiringan tersebut diharapkan dapat menjadi simbol pembersihan jiwa dan  bulan muharam/suro ini, hingga berdampak positif untuk warga desa kiringan. "Semoga seluruh rakyat jauh dari malapetaka ,pagebluk penyakit,dan selalu tentram serta sejahtera,” pungkas kepala desa kiringan. (R11)

Tidak ada komentar: