Minggu, 02 September 2018

Kemah Pemuda Lintas Agama Se Kabupaten Magetan, danramil 0804/02 plaosan Berikan Materi Wawasan Kebangsaan


Magetan - Danramil 0804/02 Plaosan Kapten Inf Waluyo Utomo mengisi materi tentang Karakter pada kegiatan Kemah Pemuda Lintas Agama se Kabupaten Magetan yang di prakarsai oleh FKUB Kabupaten Magetan.

Kegiatan selama dua hari tersebut dilaksanakan di Kecamatan Parang diikuti 120 siswa siswi dari berbagai agama.Pada kesempatan tersebut Danramil 02 Plaosan menjelaskan tentang " Nilai - nilai Karakter berlandaskan budaya Bangsa"

Kementrian pendidikan nasional telah merumuskan ada 18 nilai nilai yang ditanamkan didalam diri warga Indonesia kususnya kepada Siswa Siswi disekolah dalam upaya nembangun karakter Bangsa. Nilai - nilai yang ditanamkan adalah : Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta tanah air,  Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial dan Tanggung jawab.

Nilai yang pertama adalah Religius hal ini sesuai dengan proyeksi pendidikan saat ini dan hal ini diakui seluruh dunia. Proyeksi tersebut ada 3 hal yaitu Karakter,  Kompetensi dan  Literatur.

Berbicara tentang karakter ada dua hal yang harus ada dalam diri seseorang yaitu  Karakter Moral ( Aklaq) dan  Karakter Kinerja. Karakter moral orang orang yang memiliki sifat Religius, Jujur, Rendah hati, memiliki keimanan dan ketaqwaan yang baik dan lain sebagainya. Karakter kinerja adalah orang orang yang memiliki sifat kerja keras, ulet, tangguh, pantang menyerah dan lain sebagainya.

Kedua karakter tersebut harus seimbang, selaras berjalan seiring tidak boleh bertolak belakang misalkan ada orang kerja keras, ulet, tangguh, pantang menyerah tapi mereka tidak jujur atau anak anak dikelas kalau ada Ibu/Bapak Guru kelihatan sopan² duduk dengan tertip rapi, menuruti apa yang diinstruksikan setelah Ibu/Bapak, tetapi setelah Guru tidak ada diruang kelas, anak anak dikelas ribut sendiri tidak terkendali. Demikian pula sebaliknya ada orang Jujur, Religius memiliki keimanan dan ketaqwaan yg baik tapi mereka tidak jujur ini namanya antara karakter moral dan karakter kinerja tidak seimbang.


Danramil Plaosan Kapten Inf Waluyo mewakili Komandan Kodim dalam acara tersebut diberi waktu 60 menit dalam akir materi Danramil berpesan terhadap siswa siswi yang ikut bahwa "Apa yang kalian pikirkan akan kalian ucapkan, Apa yang kalian ucapkan akan dilakukan, Kelakuan atau perbuatan akan menjadi kebiasaan,  Kebiasaan itulah yang disebut KARAKTER, Sedangkan KARAKTER adalah MASA DEPAN kalian juga ternasuk masa depan Bangsa ini"

Jadi kesimpulanya masa depan kalian tergantung dari apa yg kalian pikirkan sekarang ini, biasakan berfikir positif, berfikir besar seperti pesan Eleonar Rossefelt karena berfikir besar akan menghasilkan solusi jangan berfikir kecil karena fikiran kecil biasanya akan membicarakan orang lain maka menghasilkan ghosip, ghibah adu domba dlsb.(R.02)

Tidak ada komentar: