Kamis, 06 September 2018

Kunjungan Tim Wasev Kegiatan Pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat Kodim 0804/Magetan


Magetan, Kodim 0804/Magetan. Staf Teritorial Kodim 0804/Magetan menggelar kegiatan Pembinaan Tata Ruang Wilayah Darat Kodim 0804/Magetan TA. 2018 dengan tema "Melalui pembinaan RTRW Pertahanan darat Kita Tingkatkan Sinergitas RTRW Wilayah pertahanan darat Dengan RTRW Pemerintah daerah Dalam Rangka Mewujudkan Keserasian, Keselarasan Dan Keterpaduan Dalam Membangun Kepentingan Kesejahteraan Dan pertahanan negara".


Dalam Kegiatan Pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat,  Kodim 0804/Magetan menerima kunjungan Tim Wasev pembinaan tata ruang pertahanan darat (BIN RTRW)   Mayor Inf Budi Santoso Pabandya Wanwil Kodam V/BRW disambut Dandim 0804 di ruang transit Kodim 0804/Magetan. Tim Wasev menuju ruang data dilanjutkan kegitan Pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat , setelah sampai diruang data tim wasev disambut oleh Dandim 0804 dengan ucapan selamat datang, kemudian tim wasev memberikan pengarahan kepada perwakilan Danramil yang diwakili  Bati Wanwil dan Babinsa,  Tim Wasev mengecek  produk Wanwil selanjutnya Tim Wasev  memberikan pengarahan kepada Babinsa yang sedang mengikuti  kegiatan penyusunan RTRW di Aula Kodim 0804/Magetan,

Kegiatan ini dilaksanakan Di Ruang Data Makodim 0804/Magetan Jl. PB Sudirman No 42 Magetan dan dihadiri oleh Dandim 0804/Magetan Letkol Arm Heri Bayu Widiatmoko, Kasdim 0804/Magetan Mayor Inf Muji Wahono, Perwira Staf dan Danramil Jajaran Kodim 0804/Magetan.

Dandim 0804/Magetan Letkol Arm Heri Bayu widiatmoko dalam sambutannya mengatakan bahwa TNI AD sebagai komponen utama kekuatan pertahanan negara di darat bersama dengan komponen kekuatan pertahanan lainnya harus dapat memberdayakan dan memanfaatkan sumber daya yang ada sehingga siap dimobilisasi dan digunakan untuk mewujudkan kesemestaan dalam menghadapi setiap ancaman dan gangguan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pemberdayaan wilayah negara dilaksanakan dengan cara mempersiapkan wilayah serta mengatur pembangunannya sedini mungkin agar setiap saat apabila dibutuhkan, kondisi wilayah siap mendukung penyelenggaraan pertahanan negara. Dijelaskan, kegiatan sosialisasi penyusunan RT RW ini sangat penting, yang bertujuan untuk menyamakan persepsi tentang penyusunan RT RW yang berkaitan dengan fungsi pertahanan, dimana selama ini penyusunan RT RW oleh Satkowil umumnya sudah berpedoman pada buku panduan sementara, namun belum terdapat keseragaman dalam bentuk format maupun esensi isi didalamnya dan implementasinya juga belum terintegrasi secara baik dengan tata ruang wilayah yang dibuat oleh Pemda.

Adapun Tujuan kegiatan pembinaan tata ruang yakni agar Kegiatan Pembinaan RTRW Pertahanan Darat dapat berjalan sesuai yang diharapkan komando atas yang disesuaikan dengan kondisi wilayah masing masing. Adapun materi yang menjadi pembahasan pada kegiatan ini antara lain Jenis Tanah, Bencana Alam, Curah Hujan, Pulau Pulau di Wilayah, Daerah Tempur, Daerah Belakang , Daerah Pangkal Pelawanan, Jumlah Koramil, Kecamatan dan Luas Daerah. (tsr/MDC0804)


Tidak ada komentar: