Rabu, 05 September 2018

Pengecekan Saluran Irigasi oleh Babinsa Koramil 0804/05 Poncol


Magetan, Irigasi merupakan upaya yang dilakukan manusia untuk mengairi lahan pertanian. Dalam dunia modern, saat ini sudah banyak model irigasi yang dapat dilakukan manusia. Pada zaman dahulu, jika persediaan air melimpah karena tempat yang dekat dengan sungai atau sumber mata air, maka irigasi dilakukan dengan mengalirkan air tersebut ke lahan pertanian. Namun, irigasi juga biasa dilakukan dengan membawa air dengan menggunakan wadah kemudian menuangkan pada tanaman satu per satu. Untuk irigasi dengan model seperti ini di Indonesia biasa disebut menyiram.


Hal ini sering dilakukan untuk mengantisipasi kekurangan air yang dibutuhkan masyarakat dan petani. Pengecekan saluran irigasi Pertanian harus dilakukan oleh Babinsa bekerja sama dengan Gapoktan wilayah Poncol , yang terkadang harus menempuh route jalur saluran irigasi sejauh 2,5 km dengan kondisi medan naik turun jalanan terjal.

Namun ini bukan hambatan , tetapi merupakan tantangan tugas yang harus dijalani dan tertangani secara maksimal. Musim kemarau pasti menurunkan volume aliran air , dan ini bisa menimbulkan  gesekan atau  permasalahan dilingkungan masyarakat dan petani apabila pembagian air tidak tertangani dengan baik.

Bintara Pembina Desa Sombo (Babinsa) Koramil 0804/05 Poncol Kodim 0804/Magetan Serda Hartono bersama kelompok tani Desa Sombo Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan melaksanakan kegiatan pengecekan saluran irigasi Desa Sombo.

Oleh karenanya , sosialisasi terhadap Gapoktan harus sering dilakukan dan pembagian air disaluran irigasi harus senantiasa diawasi , agar tidak timbul masalah antara petugas pembagi air di Dam penampungan Selotawing dengan petani.

Semua warga membutuhkan air dan harus bisa bekerja sama , Serda Hartono menyampaikan bahwa kegiatan pengecekan saluran irigasi dilakukan guna memperlancar arus saluran air ke area persawahan warga, hal ini merupakan bagian dari kegiatan pendampingan pertanian sekaligus tanggungjawab semua sehingga petani dalam melaksanakan musim tanam tidak terhambat, juga dalam rangka mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan agar bisa terlaksana dengan baik, demikian yang disampaikan Babinsa Sombo  Serda Hartono dihadapan Gapoktan Sombo Makmur. (Tsr/Mdc0804/R05)


Tidak ada komentar: