Jumat, 14 September 2018

Peran Babinsa Dalam Swasembada Pangan Melalui Upaya Khusus Pendampingan Petani Di Wilayah


Magetan - Babinsa Koramil 0804/04 Parang melaksanakan kegiatan upsus dengan memberikan pendampingan petani dalam rangka swasembada pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani di desa binaan. Jumat 14/09/2018.

Pendampingan kepada petani dilaksanakan secara terus menerus oleh Babinsa Ngelopang Sertu Kusno dengan memberikan wawasan dan  semangat serta membantu petani mulai dari proses pengolahan tanah, pemilihan bibit, masa tanam hingga pasca panen.

Pada musim kemarau kali ini yang menjadi kendala petani di desa Nglopang adalah kurangnya pasokan air untuk pertanian, sehingga untuk tanam padi dialihkan ke tanaman polowijo seperti, jagung, kacang tanah, kacang hijau dan kedelai.”terang Sertu Kusno”

Dengan kendala kurangnya pasokan air tidak menyurutkan semangat petani di Desa Nglopang  untuk bercocok tanam. Contonya Pak Tarno anggota Kelompok Tani "Karya Tani" yang tinggal di dusun  Jenggrik RT 02/06 Desa Ngelopang, ia menanami lahan sawahnya dengan jagung BISI-18.

“Alhamdulillah sekarang sudah umur 1,5 bulan dan perkembanganya cukup bagus, ini semua berkat peran pak Kusno sebagai babinsa Nglopang yang turut memberikan pendampingan pertanian di desa kami” ungkapnya.

Sebagai Babinsa serda Kusno terus berupaya terjun langsung membantu petani  melakukan pencabutan rumput yang tumbuh disekitar tanaman jagung.” Perawatan ini harus dilakukan secara rutin agar hasil panen sesuai dengan harapan. Rumput  liar yang tumbuh diantara tanaman jagung ini harus dicabut karena menganggu tumbuh kembang tanaman, sehingga produksi tanaman menjadi tidak optimal” terang Serda Kusno”

Pendampingan yang dilaksanakan oleh Babinsa ini disambut baik oleh petani serta menjadi motivasi tersendiri bagi mereka. Hal ini terlihat dari antusias dan semangat petani untuk tetap ber cocok tanam meskipun musim kemarau dan kurangnya pasokan air untuk pertanian.( R 04 )

Tidak ada komentar: