Senin, 29 Oktober 2018

Babinsa Koramil 0804/10 Kawedanan Bersama Petani Binaan Melaksanakan Panen Raya

            
Magetan - Untuk mendukung program Swasembada pangan dan memberikan motivasi kepada para petani dalam meningkatkan produktivitas panen padinya, Babinsa selalu mendampingi petani baik pada masa tanam atau pun panen.

Petani binaan Babinsa Koramil 10 Kawedanan di Desa Pojok Kecamatan Kawedanan melaksanakan panen raya padi seluas 0,5 hektar milik Bapak Supriyanto Desa Pojok RT 03/2 , Kecamatan Kawedanan , Kabupaten Magetan , Senin (29/10/2018). Dari luasan lahan tersebut bisa menghasilkan  59,2 kwintal gabah kering pungut (GKP) dapat dihasilkan para petani.

Komandan Koramil 10/Kawedanan Kapten (Caj) Jemani yang diwakili oleh Bati Wanwil Pelda Hartono mengatakan , jajarannya memang sengaja menempatkan Babinsa untuk mendampingi para petani. Pendampingan ini dilakukan guna mengetahui perkembangan maupun hambatan yang dihadapi oleh para petani selama ini.

"Dalam mensukseskan program swasembada pangan ini, TNI Angkatan Darat telah memerintahkan Babinsa supaya selalu terjun ke lapangan dan berkordinasi dengan anggota Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dalam menjalankan tugas di lapangan. Dengan ini diharapkan nantinya dapat berjalan dengan lancar khususnya progam upaya khusus (Upsus) pertanian dari pemerintah dapat terlaksana,” tegasnya.

Dalam pelaksanaan panen raya di desa pojok tersebut di hadiri oleh Mantri Tani Kecamatan Kawedanan Ibu Marlina Sp ,  PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) Kecamatan Kawedanan , Bati Wanwil Koramil 10 Kawedanan (Pelda Hartono.) Babinsa Desa Pojok (Serda Waloyo) dan perwakilan anggota Koramil dan Ketua Poktan Ngudimulyo Desa Pojok (Bapak Purnomo).

Babinsa Koramil 10 Kawedanan , Serda Waluyo yang bertugas mendampingi petani Desa Pojok merasa bangga dengan hasil yang dicapai para petani saat ini . Ia merasa bangga apa yang dilakukannya selama ini mendampingi petani tidak sia-sia sehingga hasil yang diperoleh memuaskan.

Sementara itu guna memelihara jaringan irigasi yang digunakan untuk pengairan sawah petani, jajaran Koramil 10/Kawedanan turut menggerakkan warga untuk berpartisipasi dalam Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A). Dalam forum ini para petani sepakat untuk bekerjasama memanfaatkan air irigasi dan jaringan irigasi di wilayah masing-masing.(R10)

Tidak ada komentar: