Rabu, 24 Oktober 2018

Danpos Ramil Sidorejo Hadiri Lomba Desa Sehat Di Desa Kalang


Magetan - Sebagai upaya mewujudkan komitmen pemerinatahan Desa agar melaksanakan pembangunan berkelanjutan yang berbasis dan berwawasan lingkungan sehingga terbentuk lingkungan Desa yang bersih, sehat, lestari dan asri, Pemerintah  Kabupaten Magetan menggelar Lomba Desa sehat Tingkat Kabupaten Magetan tahun 2018.

Dalam tahun ini Rabu, (24/10)Desa Kalang  mewakili Desa yang berada di Wilayah Kecamatan Sidorejo melaksanakan kegiatan lomba Desa Sehat Sekabupaten  Magetan hadir dalam kegiatan tersebut  Tim perivikasi  Desa Sehat dari Kab. Magetan di Ketuai Bpk. Nursalam ST yang sehari-harinya menjabat Ketua Forum Kabupaten Magetan Sehat, Forkopimca Sidorejo, Camat Sidorejo yang di Wakili Kasi Sosial Purwanto Danpos Ramil Sidorejo Peltu Surat, Kasubsektor Sidorejo Iptu Purwanto, Kepala Puskesmas Sidorejo yang di wakili Suwardi, Kepala Desa Kalang dan segenap Pemerintahan Desa Kalang serta pengurus Kader  PKK sedesa Kalang.

Dalam sambutannya KetuaTim Verifikasi menyampaikan "tidak hanya dalam momentum ini saja untuk pola hidup sehat di masyarakat tapi tetap menjadi kebiasaan sehari-hari yang di lakukan masyarakat untuk melaksanakan pola hidup sehat, baik dilingkungan keluarga Upaya yang lain pun dapat dilakukan, tentu dengan kerjasama yang baik antara semua pihak. Bukan hanya terbatas pada individu tapi juga pada masyarakat serta ketegasan pemerintah diikuti kepedulian yang tinggi terhadap masalah sampah.

Sebenarnya hal yang menjadikan lingkungan kotor bukan hanya terbatas pada sampah, ada hal lainnya juga, di, sudah selayaknya menjaga kebersihan serta kesehatan lingkungan rumah menjadi tanggung jawab masing-masing individu, Meski faktor lain di luar lingkungan rumah juga mempengaruhi kondisi kebersihan maupun kesehatan tubuh, tapi lingkungan rumah termasuk paling inti dan pertama harus dijaga lebih dulu"ujar Nursalam

Dalam pelakasanaan lomba tersebut yang dinilai adalah dengan kriteria prilaku hidup bersih sehat(PHBS), Juru pemantau Jentik(JUMANTIK), Sanitasi Total berbasis Masyarakat (STBM) dan Desa Siaga.

Sedangkan  untuk Wilayah yang dikunjungi oleh Tim perifikasi adalah Dusun Kacangan timur RW 05 Desa Kalang dengan memasuki rumah penduduk mulai dari halaman, kamar mandi sampai sistem Sanitasi yang berada di lingkungan tersebut.(R.02)

Tidak ada komentar: