Jumat, 26 Oktober 2018

Danramil 0804/04 Parang Hadiri Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat


Magetan - Daramil 0804/04 Parang hadiri acara Pencanangan dan dilanjutkan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat .  Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama- sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena masyarakat yang membentuk kepribadian. Jum’at/26/10/2018.

Kegiatan yang dilaksanakan di Puskesmas Parang Kec. Parang Kab.  Magetan dihadiri oleh Camat Parang Bpk Sarengat S.Sos, Kepala UPTD Puskesmas Parang dr. Avnie Febriana, Danramil 0804/04 Parang Kapten Inf Gunawan,  Wakapolsek Parang Iptu Joko, Kepala Sekolah Se Kecamatan Parang, Kepala Desa Se Kecamatan Parang dan  Tokoh Masyarakat serta Tokoh Agama Kec Parang.

Camat Parang Sarengat S.Sos dalam sambutanya mengatakan saat ini masyarakat kita lebih suka mengkonsumsi makanan cepat saji, serba praktis, dan menyukai makanan yang mengandung lemak. Selain itu kebiasaan mengkonsumsi minuman bersoda, minuman manis, dan alkohol sudah menjadi kebiasaan sebagian masyarakat kita.

Kebiasaan lain yang jarang kita lakukan adalah melakukan aktivitas seperti olahraga atau jalan kaki, padahal jalan kaki sepuluh ribu langkah perhari dan melakukan aktivitas gerak seperti menyapu, mencuci, mengepel, dan lain-lain akan menjadikan tubuh kita lebih sehat. “ungkapnya”

Sementara itu Kepala UPTD Puskesmas Parang dr.Avnie Febriana dalam sosialisasi mengatakan, akibat dari kurangnya melakukan aktivitas, olahraga dan pola hidup yang sehat ini membuat masyarakat kita sering terkena penyakit. Di Indonesia sekarang terjadi pegeseran dari penyakit yang menular menjadi penyakit tidak menular yang mengakibatkan kematian. Seperti obesitas, kanker paru, jantung, gangguan pencernaan, stroke, dan kerusakan organ tubuh lainnya.

Untuk itu Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau yang disingkat dengan GERMAS.  Tujuan dari GERMAS sendiri adalah agar kesehatan terjaga, tetap produktif, lingkungan bersih, dan biaya berobat berkurang. Untuk tahap pertama adalah dalam bentuk kegiatan memasyarakatkan melakukan aktivitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, memeriksa kesehatan secara rutin, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, membersihkan lingkungan, dan lain lain.

Sasaran Gerakan Masyarakat Hidup Sehat adalah seluruh lapisan masyarakat, termasuk individu, keluarga dan masyarakat mempraktekkan pola hidup sehat sehari-hari. Selain itu Akademisi (universitas), dunia usaha (Swasta), organisasi masyarakat (Karang Taruna, PKK, dan sebagainya), organisasi profesi menggerakkan institusi dan organisasi masing-masing agar anggotanya berperilaku sehat.

Salah satu hal yang masuk dalam GERMAS adalah Melakukan aktivitas fisik. Aktivitas fisik adalah Setiap gerakan tubuh yang melibatkan otot rangka dan mengakibatkan pengeluaran energi. Aktivitas fisik dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja misalnya dengan melakukan aktivitas paling sedikit 30 menit setiap hari.

Dalam Mengakiri sosialisasinya Kepala UPTD Puskesmas Parang mengajak Masyarakat Parang pada khususnya Batasilah kegiatan banyak duduk seperti: menonton TV, main game dan komputer apalagi ditambah dengan makan makanan yang manis, asin dan berminyak.( R 04 )

Tidak ada komentar: