Rabu, 31 Oktober 2018

Danramil 0804/10 Kawedanan Dampingi Panen Padi Petani Desa Mangunrejo


Magetan - Upaya mewujudkan program ketahanan pangan terus dilakukan TNI. Hal ini tak terlepas dari bumi Indonesia yang dikenal agraris tetapi kebijakan impor beras dari luar negeri masih terus dilakukan. Karenanya, swasembada beras memang sudah seharusnya untuk terus diupayakan.

Sebagai negara agraris, sudah semestinya Indonesia memiliki kemantapan ketahanan pangan sehingga bisa mengekspor beras ke luar negeri, dan di dalam negeri berkecukupan. Oleh karena itu, Kementerian Pertanian dan TNI AD melakukan kerja sama dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Berkenaan dengan hal tersebut, Koramil 0804/10 Kawedanan pada hari Rabu (31/10/2018) melaksanakan pendampingan panen padi yang dipimpin langsung oleh Danramil 10 Kawedanan Kapten Caj Jemani bersama 6 anggotanya dan PPL Kecamatan Kawedanan bersama kelompok tani Margo Mulyo dengan ketua kelompok Bapak Sutrisno , adapun luas lahan yang dipanen seluas 0,14 ha ( 1 kotak ) dengan hasil perolehan 17 kwintal gabah. Sawah/lahan tersebut milik bapak Sardi Desa Mangunrejo RT 08/03, Kecamatan Kawedanan , Kabupaten Magetan.

Pemilik sawah (Bp Sardi) mengucapkan , terima kasih kepada Danramil beserta anggotanya yang ikut turun langsung, kami petani sangat terbantu sekali dengan adanya pendampingan Babinsa dan PPL yang selalu aktif turun dan memberikan arahan kepada petani sehingga produksi kami selalu bagus pada setiap panennya, ”ujar Bpk Sardi”

Sementara itu, Danramil Kawedanan Kapten Caj Jemani mengatakan bahwa pendampingan seperti ini sudah berjalan sepanjang waktu. “Namun resminya TNI bekerjasama dengan Kementrian Pertanian RI sejak tahun 2014. Oleh sebab itu , kata Danramil tugas Kodim, Koramil dan Babinsa dalam memberdayakan potensi pertahanan wilayah aspek darat, tentunya termasuk pertanian, sehingga hal seperti ini bukanlah hal baru.

Bahwa hal tersebut merupakan bagian dari upaya khusus program ketahanan pangan nasional, untuk itu saya memerintahkan kepada Babinsa agar program pendampingan pertanian ini tetap dilaksanakan bahkan ditingkatkan, sebagai upaya memantapkan ketahanan pangan nasional yang sudah terwujud. (R10)

Tidak ada komentar: