Sabtu, 13 Oktober 2018

Danramil 0804/13 Bendo Sebagai Narasumber Sejarah Keganasan Partai Komunis Indonesia Di Monumen Soco


Magetan - Dalam rangka melaksanakan program kerja Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) sekaligus Ulang Tahun  SMPN 3 Kawedanan, Seluruh siswa-siswi melaksanakan sepeda santai dengan tujuan di monumen desa soco  sebagai salah satu bukti keganasan Partai Komunis Indonesia (PKI). Danramil 0804-13/ Bendo Kapten Inf Sarpan sebagai Narasumber untuk memberikan sejarah kejadian pembantaian tahun 1948 di wilayah Madiun dan sekitarnya. Salahsatunya kejadian di Monumen tetenger Desa Soco Kecamatan Bendo. (Sabtu, 13/10/18)

Sebelum acara inti pemberian materi oleh Danramil 0804-13/ Bendo, Seluruh siswa-siswi diajak keliling di monumen tetenger Desa Soco untuk melihat langsung sumur tempat pembuangan para korban 108 orang serta melihat gerbong kereta kertopati salah satu saksi bisu sebagai kendaraan untuk mengangkut para korban keganasan PKI sebelum dianiaya dan dimasukan ke dalam sumur pembuangan mayat yang sekarang didirikan monumen tetenger Desa Soco.

Kapten Inf Sarpan menjelaskan kepada seluruh siswa-siswi bahwa beliau asli orang Desa Soco yang rumahnya hanya berjarak 50 meter dari monumen ini, Jadi sejarah adanya keganasan yang dilakukan Partai Komunis Indonesia (PKI) tahun 1948 memang pernah terjadi di wilayah kita. Dan tempat yang kita kunjungi ini merupakan salahsatu bukti sejarah sebagai tempat pembuangan para tokoh-tokoh masyarakat diantaranya Bupati Magetan pertama, Dandim Magetan Pertama dan Kapolres Magetan Pertana serta Kyai dari Pondok Pesantren Takeran yang menjadi korban keganasan PKI.

Selain memberikan sejarah tentang monumen tetenger Desa Soco, Danramil 0804-13/ Bendo juga memberikan wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi SMPN 3 Kawedanan agar mereka terbentengi dari pengaruh-pengaruh radikalisme maupun kelompok-kelompok yang ingin memecah belah NKRI. Serta Kapten Inf Sarpan mengajak kepada seluruh siswa agar bangga menjadi warga Bangsa Indonesia. Mari kita lakukan yang terbaik untuk Bangsa dan Negara yang kita cintai bersama.

Suparno, S.Pd. M.Pd selaku Kepala Sekolah mengucapkan banyak terimakasih kepada Danramil 0804-13/ Bendo dan anggota, Perangkat dan warga desa soco yang telah mengijinkan anak didiknya mengunjungi monumen tetenger desa soco. Atas penjelasan yang disampaikan Kapten Inf Sarpan tentang fakta sejarah kelam yang pernah terjadi di Negara kita. ini sangat bermanfaat terutama bagi anak-anak kami sebagai generasi muda yang tidak melupakan sejarah, Harapannya kedepan tidak terulang kembali sejarah kelam tersebut. (R13)

Tidak ada komentar: