Jumat, 26 Oktober 2018

Kesenian Tayub Turut Meriahkan Budaya Bersih Desa Di Tunggur


Magetan  - Dalam masyarakat tradisional,kesenian tayub atau gambyong  merupakan kesenian yang hampir mengiringi setiap acara adat seperti  sedekah bumi atau bersih desa,  kesenian ini lekat dengan nilai adat dan budaya yang berkembang dimasyarakat yang masih lestari hingga saat ini.

Untuk melestarikan kesenian tersebut Desa Tunggur  Kec. Lembeyan Kab. Magetan mengelar pementasan kesenian tayub ini dalam memeriahkan kegiatan bersih desa. Kamis(25/10)

Kegiatan yang turut dihadiri  Danramil 0804/12 Lembeyan Kapten Inf Puguh,Kapolsek diwakili Aiptu Sutrisno,Kades Lembeyan wetan Bpk Drs Senun, Kades Tunggur Bpk Sono keling, Kades Dukuh Bpk Hariyanto, perangkat desa, anggota Koramil 0804/12 dan Polsek lembeyan,Tokoh adat,Tokoh masyarakat serta masyarakatdesa Tunggur berjalan cukup meriah.

Kades Tunggur Bpk Sono keling menuturkan pementasan kesenian Tayub dilakukan secara turun temurun hingga saat ini dan masih menjadi kebiasaan sebagai pola adat dalam tradisi bersih desa di Desa Tunggus. Tradisi ini selalu dijaga warga dan punya nilai jual untuk para wisatawan.

Ia menambahkan Seni Tayub yang di gelar di desanya  sebagai sarana ekspresi untuk melestarikan budaya tradisional dan sebagai hiburan bagi masyarakat. Selain itu kesenian tayub ditampilkan sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia keselamatan dan keberhasilan dalam usaha pertanian bagi masyarakat Desa Tunggur. “tuturnya” (R.12)

Tidak ada komentar: