Minggu, 07 Oktober 2018

Semarak Panggung Hiburan Bersih Desa Purworejo


Magetan - Puluhan warga berbondong bondong menghadiri acara panggung hiburan dalam rangka Bersih Desa, acara ini diselenggarakan oleh masyarakat untuk mensyukuri yang selama ini masyarakat Dukuh Tumpang masih diberikan kesehatan serta panen yang melimpah, Sabtu (06/10/2018).

“Kegiatan bersih Dusun Dukuh Kupang Desa Purworejo diharapkan hasil panen yang melimpah serta selalu diberikan kesehatan selalu guyup rukun dalam hidup bermasyarakat sehari hari, kata Kades Purworejo,  Bpk Hari Agung Cahyoko.

Selain acara panggung hiburan sebelumnya diadakan ritual adat  bersih desa. Tradisi tersebut sudah dilakukan secara turun temurun untuk menghormati para leluhur dan berdoa untuk keselamatan desa.

Beberapa warga mengenakan pakaian adat Jawa lengkap dengan udeng (ikat kepala) sembari membawa makanan yang diletakkan di tempat yang terbuat dari pelepah pisang dengan alas bambu. Sementara warga lainnya juga melakukan hal serupa, hanya saja mengenakan pakaian biasa.Mereka membawa makanan tersebut dari rumah masing-masing. Pada ritual tersebut, seluruh warga berdoa agar selamat dan tolak bala, baik warga maupun desanya.

Selanjutnya, makanan yang dibawa oleh masing –masing warga ditata berjajar. Seorang sesepuh adat pun memimpin doa yang kemudian di amini oleh masyarakat. Usai membacakan doa, makanan tersebut kemudian kembali dibawa pulang untuk disantap secara bersama-sama.

Serma dadang cahyono mengatakan tradisi bersih desa ini merupakan budaya turun temurun warga desa Purworejo yang harus dilestarikan, nilai kearifan lokal yang terkandung didalamnya merupakan kekayaan budaya yang didalamnya terdapat nilai semangat gotong royong dan kebersamaan warga Desa purworejo. “ungkapnya”

Sesepuh adat menerangkan tradisi tersebut juga untuk mendoakan para leluhur yang telah membuka desa serta mendoakan keselamatan dan keberkahan bagi masyarakt Desa Purworejo. (R.11)

Tidak ada komentar: