Jumat, 05 Oktober 2018

Upacara Memperingati Hut Ke 73 Tni Thun 2018 Di Makodim 0801 Pacitan


Pacitan, bertempat di  Makodim 0801 Pacitan Jl. Letjen Suprapto Kec/Kab. Pacitan telah dilaksanakan upacara  dan Syukuran dalam rangka memperingati HUT  ke 73 TNI tahun 2018, dengan mengambil tema " Profesionalisme TNI Untuk Rakyat " bertindak sebagai Irup Letkol Kav. Aristoteles Hengkeng Nusalawitang (Dandim 0801 Pacitan), Paup Kapten Arh. Sarwono (Pasi Pers Dim 0801 Pacitan) Danup Kapten Inf. Arif Wijtmiko (Danramil 0801/01 Pacitan) diikuti sekitar 200 orang personil TNI.


Hadir dalam Upacara Memperingati Hut  Ke 73 Tni Thun 2018 Di Makodim 0801 Pacitan  Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang (Dandim 0801/ Pacitan). AKBP Setyo K Heriyatno,SH, S.I.K, MH ( Kapolres Pacitan ) beserta Ibu.Mayor Inf. Tomy Fedi Anugrahan,SE (Kasdim 0801/ Pacitan). Mayor inf Priyo Hanggono (Kaminved Pacitan). Kompol Hendrik S ,S.Sos ( Wakapolres Paciran). Kapten Leg. Arfan ( Dan Detasemen meteorologi TNI AU Pacitan).PA Polres Pacitan( Kabag )dan anggota ).Pelda Mar Sugeng Hariyanto (Dan Kamladu Pacitan). Ketua Persit KCK Cab.XV Dim 0801 Pacitan dan Pengurus.

upacara ini juga dilaksanakan secara serentak dari Sabang sampai Merauke secara sederhana namun khidmat. Pada kesempatan ini pula marilah kita sejenak memanjatkan doa kepada Tuhan YME agar meringankan beban yang menimpa saudara-saudara kita di Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong serta saudara kita di Lombok. Semoga apa yang telah kita lakukan bersama baik dalam bentuk bantuan secara fisik maupun dukungan doa dapat meringankan musibah dan mempercepat upaya pemulihan.

TNI bersama berbagai komponen Bangsa lainnya telah bekerja bahu membahu berupaya sekuat tenaga meringankan beban ya g diderita oleh saudara kita.

TNI telah mengerahkan personil dan Alutsistanya untuk memberikan pertolongan pertama melaksanakan evakuasi, menyalurkan bantuan, memberikan pengamanan serta memulihkan sarana dan prasarana secara bertahap.

Peringatan HUT TNI ke 73 tahun 2018 mengambil tema Profesionalisme TNI Untuk Rakyat tema yang singkat namun padatini mengandung makna bahwa TNI yang senantiasa ditingkatkan profesionalismenya melalui berbagai pendidikan, latihan, persenjataan, alutsista serta dipenuhi Kesejahteraan oleh negara adalah semata mata untuk seluruh rakyat Indonesia.

Professionalisme TNI diwujudkan dalam pelaksanaan operasi dan kegiatan2 serta latihan TNI dalam rangka menjalankan tugas pokok yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala macam ancaman dan gangguan.

Sebagai alternatif negara tugas TNI tidak lepas dari berbagai tantangan saat ini maupun di masa depan yang semakin kompleks.

Tugas yang tidak kalah pentingnya adalah membantu Pemerintah dalam mengatasi aksi terorisme, penegakan hukum di laut, pengamanan wilayah udara serta terlibat dalam pengamanan even even strategis nasional dan internasional.

TNI harus terus mentransformasi diri menjadi kekuatan militer yang profesional, handal dan kepabel menghadapi berbagai bentuk ancaman dan gangguan. Pembangunan TNI yang struktur dalam rencana Postur TNI dan rencana strategis TNIpada Ahun 2018 telah mencapai 61.9 % dan diharapkan pada akhir tahun 2019akan mencapai 72 % seperti target Pemerintah pada akhir Renstra 2015 - 2019.

Berbagai Alutsista akan berdatangan pada akhir 2019 seperti rudal strartrek TNI AD, kapal selam TNI AL, pesawat CN 235 TNI AL dan TNI AU serta pesawat tempur Sukhoi 35 TNI AU.

TNI berkomitmen untuk terus menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2019. Kesuksesan pengamanan Pilkada 2017 dan 2018 menjadi batu pijakan dalam pengamanan pemilihan legislatif dan pemilihan Presiden tahun 2019. Salah satu kuncinya adalah tekat TNI untuk terus menerus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta menjadi benteng keutuhan NKRI.

Dalam penekanan kepada seluruh Prajurit TNI dimanapun berada agar dipedomani dan dilaksnakan sbb : Perkokoh iman dan takwa kita kepada Tuhan YME serta luaskan hati untuk terus beribadah. Pertahankan dan tingkatkan soliditas TNI serta kemanunggalan TNI dengan rakyat agar kita jadi pemersatu bangsa. Tingkatkan kewaspadaan dan profesionalisme karena setiap saat tugas siap menanti.  Mantapkan netralitas TNI baik sebagai individu maupun satuan. Jalanilah setiap tugas secara ikhlas, karena tugas kita semata-mata untuk kepentingan Bangsa dan Negara.

upacara dalam rangka memperingati HUT TNI ke 73 Tahun 2018 selesai dilanjutkan kegiatan syukuran.
Pukul 08.10 WIB, giat Sukuran dimulai, sambutan Dandim 0801/Pacitan,Letkol Kav.Aristoteles HNL, yang intinya :

Terima kasih kepada Kapolres Pacitan dan Ibu Kapolres serta Anggota yang telah hadir dlm acara HUT TNI di makodim dengan membawa surpris berupa tumpeng yang luar biasa,semoga sinergitas TNI dan Polri tetap terjaga.

Dalam HUT ke 73 TNI mengambil tema yang simpel yaitu Profesionalisme TNI Untuk Rakyat, tema yang singkat namun padatini mengandung makna bahwa TNI yang senantiasa ditingkatkan profesionalismenya melalui berbagai aspek.

Dalam waktu dekat di Wilayah Pacitan tepatnya tgl 7 okt 2018 akan dilaksanakan Pilkades serentak, untuk itulah TNI dan Polri bersama sama akan akan melaksanakan pengamanan.

Saya berharap sinergitas TNI dan Polri akan terjaga ,dan selalu bersama sama untuk menjaga dan menciptakan situasi di wilayah Pacitan yang aman dan tentram.

Pukul ,08.13 WIB,Sambutan Kapolres Pacitan, AKBP Setyo K Heriyatno,SH,S.I.K,MH,  Selamat ulang tahun TNI yang ke 73, semoga TNI tetap jaya , kuat dan profesional, karena TNI  Polri adalah sebagai penopang utama dalam mengamankan dan menjaga Negara kesatuan RI dari gangguan manapun. Kami berharap sinergitas TNI dan Polri sampai kapanpun tetap terjaga sampai kapanpun dan siapapun Komandanya.

Kegiatan upacara dalam rangka memperingati HUT TNI ke 73 dan tadyakuran adalah sebagai wujud syukur atas pengabdian dan kinerja TNI selama ini dalam mengamankan dan menegakkan kedaulatan NKRI. (SWR/0801)

Tidak ada komentar: