Selasa, 27 November 2018

Anggota Koramil 0804/07 Karangrejo Ikuti Pembukaan Kursus Pembina Pramuka Tingkat Dasar

 
Magetan – Kwartir Ranting (Kwaran) gerakan pramuka Kecamatan Karas menggelar Kursus Mahir Dasar Kepramukaan di Balai Desa Temenggungan Kec. Karas Kab. Magetan., Selasa (27/11/2018).

Kegiatan yang dilaksanakan Kursus Mahir Dasar Kepramukaan Sekecamatan Karas yang di tempatkan di balai desa Temenggungan Kec. Karas  di hadiri Langsung oleh Ka Lemdik Gerakan Pramuka Cabang Magetan, Ka Mabiran Kecamatan Karas, Danramil 0804/07 Karangrejo di wakili Serma Suparni, Kapolsek Karas AKP Santoso, SH. Babinsa desa Temenggungan Serda Priyanto.

Menurut Ka Lemdik Gerakan Pramuka Cabang Magetan Purnomo S. Pd. Mpd , kegiatan KMD diikuti oleh 33 orang Pembina Pramuka yang merupakan utusan gugus depan yang berpangkalan di Sekolah yang berada di Kwartir Ranting. Tujuan diadakan KMD adalah untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan Pembina Pramuka sehingga lebih siap untuk melaksanakan Pendidikan Kepramukaan bagi peserta didik secara berdaya guna dan berhasil guna.

Kegiatan berlangsung dari tanggal 27-Nopember 2018. Peserta. Peserta diberikan materi sejumlah 82 jam pelajaran dan dilaksanakan dengan sistem berkemah selama 7 hari.

Materi dibagi dalam beberapa segmen yang terdiri dari babak pengantar, kepramukaan, prinsip dasar dan metode kepramukaan, program kegiatan peserta didik, cara membina, organisasi Gerakan Pramuka, Kegiatan sebagai alat pendidikan, teknik kepramukaan, kegiatan di alam terbuka berupa penjelajahan dan outdoor actifity, pelengkap dan penutup.

Tujuan diadakan KMD adalah untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan Pembina Pramuka sehingga lebih siap untuk melaksanakan Pendidikan Kepramukaan bagi peserta didik secara berdaya guna dan berhasil guna. Sasaran diadakannya KMD adalah agar dapat menghasilkan Pembina Pramuka yang mampu menyelenggarakan Latihan Kepramukaan yang menarik bagi peserta didik di Gugus depan, Implementasi kurikulum 2013, kepramukaan merupakan Ekstra kulikuler wajib di Sekolah, menguasai dan mampu melaksanakan keterampilan praktis kepramukaan dalam menyajikan acara kegiatan/latihan bagi peserta didik dan menyadari peranan dirinya sebagai Pembina Pramuka dalam proses pembinaan peserta didik sehingga selalu berusaha meningkatkan keterampilan dan kemampuannya dengan terus belajar sepanjang hidupnya.

Kegiatan KMD dibuka oleh Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Karas diwakili AKP Santoso, SH. Dalam sambutannya saat pembukaan KMD menyampaikan apa yang telah dipelajari pada Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar agar dipraktekkan dan diimplementasikan di Gugus depan, teruslah mengabdi demi kemajuan Gerakan Pramuka dan pembentukan karakter generasi muda. Kemudian Ketua Kwartir Ranting mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan KMD.

Semoga dengan telah diselenggarakannya kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar dapat meningkatkan kualitas Pembina Pramuka dalam rangka melakukan pembinaan di Gugus depan, dengan meningkatnya kualitas Pembina tentu akan berdampak kepada kualitas peserta didik yang melahirkan generasi muda yang berkarakter sebagaimana yang diamanatkan di dalam Undang-Undang RI nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. (BY---R.07)

Tidak ada komentar: