Jumat, 02 November 2018

Babinsa Damkar Bersama Masyarakat Padamkan Kebakaran Hutan Rakyat


PACITAN - Kebakaran hutan rakyat kembali terjadi di Pacitan. Kali ini hutan seluas kurang lebih 4 hektar yang berlokasi di Rt 02/03 Dusun Krajan II Desa. Semanten Kec / Kab Pacitan ludes dilalap api, Jum'at (2/11/2018). Menurut Babinsa Desa Semanten Serda Supriyani pada sekitar pukul 17.30 menjelang maghrib Titik api terlihat   diatas bukit namun belum mendekati pemukiman dan warga sekitar tidak ada yang memadamkan karena medan yang sangat sulit dijangkau.


Karena tiupan angin api mulai mendekati pemukiman warga dan Kantor Balai Desa Semanten, Mengetahui api semakin mendekati pemukiman warga, Waga beserta Babinsa  berusaha memadamkan api dengan alat seadanya dan perangkat Desa Semanten menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran. Tak berselang lama, 2 Unit mobil Pemadam Kebakaran Satpol - PP beserta 10 orang anggota damkar tiba dilokasi. Kabid Damkar Bapak Suyanto beserta anggotanya, Babinsa dan masyarakat yang sudah ada dilokasi dari awal langsung melakukan pemadaman serta melakukan pembasahan lahan yang dekat dengan pemukiman, agar api tidak menjalar ke pemukiman.

Berkat kesigapan Masyarakat, Perangkat Desa, Babinsa dan Pemadam kebakaran, Api yang mendekati pemukiman warga dan Kantor Balai Desa Semanten dapat di padamkan namun sebagian titik api tidak bisa dipadamkan karena lokasi yang sulit dijangkau dan agak jauh dengan pemukiman.

Sejauh ini belum diketahui sebab pasti terjadinya peristiwa kebakaran tersebut, apakah kelalaian warga maupun kesengajaan dari orang yang tidak bertanggungjawab. Miskipun kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa namun Kebakaran hutan rakyat tersebut sangat merugikan masyarakat, karena tanaman Jati, sengon, dan akasia yang mestinya menjadi tabungan warga habis terbakar.

Tidak ada komentar: