Senin, 12 November 2018

Babinsa Desa Mategal Menghadiri Sosialisasi Pengembangan Energi


Magetan, Bati Wanwil Serma Rohmat  Bersama Babinsa Desa Mategal Sertu Sukoco Koramil 0804/04 Parang menghadiri Sosialisasi Pengembangan Energi di Balai Desa Mategal Kec. Parang Kab Magetan. Senin/12/11/2018

Adapun Dari team Sosialisasi Pengembangan Energi Bpk Agus mengatakan kotoran sapi dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk memproduksi biogas. Sementara biogas sendiri merupakan gas yang dihasilkan dari proses fermentasi dari bahan-bahan organik dalam istilahnya adalah aktivitas anaerobik, termasuk bahan yang dapat menghasilkan biogas adalah sebagai berikut kotoran hewan, termasuk disini kotoran sapi limbah rumah tangga semua jenis sampah organik. Kandungan Utama yang terdapat dalam biogas adalah metana dan karbon dioksida.

Diakhir Sosialisasinya Bpk Agus mengatakan bahwa Masyarakat tak perlu menebang pohon untuk dijadikan kayu bakar. Proses memasak jadi lebih bersih, dan sehat karena tidak mengeluarkan asap. Kandang hewan menjadi semakin bersih karena limbah kotoran kandang langsung dapat diolah.

Sisa limbah yang dikeluarkan dari biodigester dapat dijadikan pupuk sehingga tidak mencemari lingkungan.Dapat berkontribusi menurunkan emisi gas rumah kaca melalui pengurangan pemakaian bahan bakar kayu dan bahan bakar minyak. Realatif lebih aman dari ancaman bahaya kebakaran.Biodigester dapat dimanfaatkan secara bersama-sama dengan para tetangga sehingga secara tidak langsung ikut mendorong terbentuknya rasa kebersamaan diantara Masyarakat satu Desa

Kepala Desa Mategal Bpk Sugiono bersama Masyarakatnya menyambut baik adanya program sosialisasi ini,semoga nantinya Masyarakat Mategal bisa memanfaatkan limbah terutama korltoran sapi yang aslinya banyak manfaatnya ini. ( R 04 )

Tidak ada komentar: