Sabtu, 17 November 2018

Pencanangan Gerkan masyarakat Hidup Sehat Di Kelurahan Tawanganom


Magetan -  Danramil 0804/01 Magetan Kapten Infanteri Kiswanto S.E menghadiri kegiatan Pencanangan Secara Resmi Kegiatan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang di laksanakan di lapangan Kel. Tawanganom Magetan. Sabtu(17/11)

Kepala Puskesmas candi mengatakan saat ini Indonesia menghadapi transisi epidemologi penyakit menular ke penyakit tidak menular atau PTM, kondisi ini dibuktikan dengan terjadinya perubahan pola penyakit di Indonesia, penyakit tersebut antara lain penyakit; hipertensi dan diabetes melitus pada 3 tahun terakhir mengalami peningkatan yang signifikan dengan demikian kemungkinan akan lebih meningkat seiring dengan perubahan perilaku masyarakat.

Oleh karena itu, mari kita bersama-sama mengkampanyekan dan melaksanakan Gerakan masyarakat hidup sehat, Gerakan ini sejalan dengan program prioritas kedua dari 9 program prioritas utama pembangunan Pemerintah pemenuhan pelayanan kesehatan yang berkualitas, peningkatan akses pelayanan kesehatan dengan perbaikan infrastruktur, peningkatan sumber daya tenaga kesehatan sampai ke tingkat desa. Dengan menghibau kepada masyarakat untuk gemar berolahraga, kegiatan konsumsi sayur dan buah, serta pemerikasaan kesehatan secara berkala.

Ia menambahkan germas adalah suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Pelaksanaan germas harus dimulai dari keluarga, sebab keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian mulai dari proses pembelajaran hingga menuju kemandirian dalam rangka mempercepat dan mensinergikan tindakan dari upaya promotif dan preventif hidup sehat, untuk meningkatkan produksi penduduk dan menurunkan beban Pembiayaan Kesehatan. “terangnya” (R.01)




Tidak ada komentar: