Jumat, 09 November 2018

Serda Suyono Mendampingi Petugas Kesehatan Melaksanakan Pemberian Vaksin Difteri Di SDN Garon


Magetan - Guna mendukung program pemerintah di bidang kesehatan dalam menanggulangi penyakit difteri, Babinsa Koramil 0804/10 Kawedanan Serda Suyono mendampingi para Petugas kesehatan saat melaksanakan pemberian vaksin difteri kepada anak-anak di SDN Garon Kecamatan Kawedanan Jumat (09/11/2018).

Dalam pelaksanaan suntikan vaksin difteri tahap 3 saat ini bertempat di SDN Garon Kecamatan Kawedanan. Adapun jumlah murid keseluruhan mulai kelas 1 sampai dengan kelas 6 berjumlah 138 murid , laki laki 58 , sedangkan murid perempuan 80. Sedangkan petugas dari Pukesmas berjumlah 3 orang dan dibantu dari babinsa setempat.

Dr Rohmad Waloyo kepala pukesmas Kawedanan mengatakan, kegiatan imunisasi ini dalam rangka mencegah wabah penyakit Difteri untuk anak anak dan dewasa. Tujuan di berikannya vaksin difteri agar menambah kekebalan daya tahan tubuh yang dapat menangkal segala penyakit yang dapat menyerang tubuh manusia. "ini merupakan tindak lanjut dari program ORI dari Kementrian Kesehatan dan Pemkab Magetan untuk mencegah wabah difteri berkembang di wilayah Kawedanan," terangnya.

Menurutnya, Pemerintah mencanangkan program Outbrake Respons Imunizatition (ORI) Difteri diberbagai daerah beriring munculnya penyakit difteri yang terjadi belakangan ini di beberapa wilayah di Indonesia.

"Difteri sendiri merupakan infeksi bakteri yang menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan juga kulit, difteri sangat menular dan berpotensi mengancam jiwa sehingga pemerintah melakukan usaha maksimal untuk menekan meluasnya wabah difteri,"

Serda Suyono sebagai Babinsa Desa Garon, juga menghimbau kepada masyarakat apabila merasa tidak sehat di tenggorokan saat menelan, suara serak, kesulitan bernafas demam dan menggigil segera konsultasi ke kantor kesehatan terdekat supaya bisa terdeteksi sakitnya.

"Kami merasa mempunyai kewajiban mendampingi warga dalam mensukseskan program ORI ini, kesehatan warga adalah modal utama dalam kehidupan, dari tubuh yang sehat akan terlahir jiwa yang sehat pula, Jiwa dan raga yang sehat adalah kunci tercapainya masyarakat madani yang sejahtera," pungkasnya.(R10)

Tidak ada komentar: