Sabtu, 10 November 2018

Serma Suroto Memberi Materi Kompas Kepada Anggota Saka Wira Kartika Di SMKN Kartoharjo


Magetan -  Serma Suroto Anggota koramil 0804 /08 Barat memberikan materi kompas kepada anggota Saka Wira Kartika, Kegiatan tersebut  diikuti oleh 30 siswa Saka Wira Kartika  SMKN Kartoharjo Kec. Kartoharjo kab. Magetan. Sabtu (10/11/2018)

Dalam kesempatan tersebut Serma Suroto memberikan materi kompas siang dan malam, yang perlu diperhatikan langkah-langkah penggunaan kompas siang dimulai dari  Buka tutup kompas hingga berdiri tegak, Letakkan/angkat prisma ke atas kaca kompas, Masukan ibu jari ke dalam cincin kompas dan luruskan telujuk ke depan sehingga rapat pada bagian tutup kompas dengan maksud agar pada waktu kompas dibidikkan tidak bergerak, Dari tiang bidikan kedua kaki rapat/sikap sempurna dan menghadap penuh ke sasaran, Bawa kompas ke depan mata dan langsung membidik, mata yang tidak membidik dipejamkan, Lihat standar melalui prisma, Luruskan garis rambut pada tutup kompas dengan sasaran, Baca garis-garis/angka derajat dalam kompas melalui prisma yang sejajar dengan garis rambut pada kaca kompas dan sasaran, Itulah sudut yang di maksud.

Pendalaman Latihan Kompas berlangsung selama 2 jam, setiap anggota Saka Wira Kartika satu demi satu mencoba mempraktekkan cara menggunakan kompas yang benar setelah mendapat penjelasan dan praktek dari Serma Suroto.

Kegiatan seperti  ini rutin dilaksanakan setiap hari Sabtu  sore untuk penerapan aplikasi dilapangan berhubungan dengan  ilmu medan, peta dan kompas, sehingga diharapkan dengan adanya latihan yang rutin, mereka dapat mengerti dan mampu menggunakan peta dan kompas guna menunjang kegiatan Saka Wira Kartika. (R.08)

Tidak ada komentar: