Kamis, 13 Desember 2018

Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Trosono Berikan Pelatihan Satlinmas


Magetan - Babinsa Desa Trosono Sertu Sunaryo Koramil 04 Parang dan Babinkamtibmas Desa Trosono Bripka Jamhuri Polsek Parang Bersinergi melatih Forum Komunikasi Perpolisian Masyarakat dan Pelatihan Satuan Pelindung Masyarakat.Kamis 13/12/2018.

Adapun Babinkamtibmas Desa Trosono Brioka Jamhuri sebelum mengadakan latihan menjelaskan bahwa SATLINMAS dan Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) di Desa Trosono ini telah terbentuk di setiap RW dan Anggotanya FKPM terdiri dari Tokoh masyarakat, tokoh agama, dan keamananan setiap RT. Anggota FKPM rata-rata dua orang per RT. Permasalahan atau konflik yang terjadi di masyarakat tidak langsung ditangani ke polsek, namun cukup ditangani oleh bhabinkamtibmas dan Babinsa serta FKPM setempat terlebih dahulu. Konflik di Desa Trosono  tergolong permasalahan ringan yang dapat langsung diselesaikan di tempat atau di Desa sendiri kalau pun permasalahan itu tidak fatal tidak perlu dilapirkan ke atas atau ke kepolisian yang lebih dekat Polsek.

Babinsa Desa Trosono Sertu Sunaryo menambahkan FKPM adalah sebagai wadah untuk meningkatkan kualitas keamanan dan ketertiban di Desa Trosono ini,maka setiap RW juga telah dibentuk BKPM (Balai Kemitraan Polisi Masyarakat). Terbentuknya FKPM dan BKPM i Desa Trosono ini sangat memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat. Sudah beberapa kejadian konflik dapat diselesaikan dengan baik serta dibuatkan SKB (Surat Kesepakatan Bersama) antara yang pihak yang berkonflik dengan saksi-saksi dari FKPM.

Dan kegiatan FKPM dan LINMAS antara lain,Mendirikan dan mengaktifkan Pos  Pengaduan Masyarakat .Mendirikan BKPM (Balai Kemitraan Polisi dan Masyarakat di Desa Trosono ini dan Memaksimalkan peran Linmas, FKPM, Babinsa dan Polmas dalam memfasilitasi penyelesaian masalah yang timbul antar warga.Berperan aktif dalam penanggulangan bencana alam tanah longsor yang diakibatkan adanya curah hujan dan wilayah Desa Trosono yang mayoritas tanahnya pegunungan. ( R 04 )

Tidak ada komentar: