Senin, 10 Desember 2018

Babinsa Kelurahan Alastuwo Melaksanakan Pendampingan Pemberian Vaksin Difteri


Magetan, Babinsa  kelurahan Alastuwo Koramil 0804/05 Poncol Serda Marjuki dan Koptu Darwani melaksanakan pendampingan pemberian vaksin Difteri di SMPN 1 Poncol ,Kelurahan Alastuwo Kec Poncol Kab Magetan. Senin 10 Desember 2018

Adapun jumlah siswa SMP N 1 Poncol penerima vaksin pada pagi ini sejumlah 555 siswa, dari jumlah keseluruhan sejumlah 622 siswa adapun sisanya yang 67 siswa yg blm bisa mendapatkan vaksin hari ini akan ada jadwal susulan.  Petugas pemberi vaksin itu sendiri  adalah saudari Sih Pujiati, Amd. kebidanan selaku koordinator imunisasi difteri bersama 8 orang petugas dari puskesmas poncol.    

Kegiatan imunisasi vaksin difteri ini merupakan program dari pemerintah yang dilaksanakan diseluruh wilayah Kec. Poncol khususnya Kel. alastuwo, untuk pelaksanaanya dibagi menjadi tiga tahap, sedangkan sekarang sudah memasuki tahap tiga atau terakhir. Tujuan diberikannya imunisasi difteri itu sendiri adalah untuk meningkatkan antibodi pada anak saat bersamaan. Kalau antibodi pada semua anak tinggi sudah pasti tidak akan mudah terkena penyakit difteri karena dengan pemberian vaksin difteri itu akan memutuskan trasmisi untuk penularan, sebab penyakit difteri ini sangat menular, penularannya bisa melalui percikan ludah saat bersin atau batuk ,maka dari itu melihat bahaya dan mudahnya penularan penyakit itu, maka pemerintah mengambil langkah pemberian faksin difteri secara serentak.

Serda Marjuki disela pendampingan mengatakan dengan adanya kegiatan imunisasi  difteri ini masyarakat tidak  perlu khawatir akan efek samping dari pemberian imunisasi ulang vaksin difteri ini, untuk efek samping yang kemungkinan terjadi adalah terjadinya demam yang akan hilang dalam waktu satu atau dua hari. Efek samping lainnya adalah sedikit bengkak atau merah dibekas suntikan, namun itu tidak  berbahaya makanya tidak perlu untuk dikhawatirkan. “ungkapnya” (R.05)

Tidak ada komentar: