Sabtu, 08 Desember 2018

Forkopimca Bendo Hadiri Pengajian Umum Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw 1440 H. Di Desa Belotan


Magetan,  Nabi Besar Muhammad SAW lahir pada 12 Rabiul awal Tahun Gajah, dimana Bangsa Indonesia yang mayoritas beragama Islam selalu peringati sebagai Maulid Nabi Muhammad SAW. Ini merupakan kegiatan rutin yang setiap tahun dilaksanakan oleh umat islam diseluruh Nusantara sebagai bentuk kecintaannya kepada Baginda Rossululloh Nabi Besar Muhammad SAW. Begitu juga tak mau ketinggalan warga masyarakat Desa Belotan ikut serta dalam  peringati maulid Nabi Muhammad SAW dengan menggelar Pengajian Umum dengan Penceramah KH. Drs. Mashudi dari Kediri. Pengajian umum tersebut bertempat di Masjid Mintaahurrosid Desa Belotan Kecamatan Bendo. (Jumat, 07/12/18)

Pengajian umum tersebut dihadiri oleh Forkopimca Bendo diantaranya Camat Bendo yang diwakili Kasi Trantib Drs. Suparno,  Danramil 0804-13/ Bendo yang diwakili Bati Komsos Pelda Budianto dan anggota, Kapolsek Bendo AKP Endang Wahyuni, SH. dan anggota. Ketua KUA Bendo Aiunurrofiq, SAg, Kepala Desa Belotan Drs. Sukadi, Ketua Takmir Masjid H. Sukatmanto, Para tokoh masyarakat dan tokoh agama Desa Belotan, Kelompok Jamaah yasinan serta warga masyarakat sekitar Kecamatan Bendo sekitar 1000 Jamaah.

KH. Drs. Mashudi dalam ceramahnya menyampaikan bahwa malam ini peringatan hari lahir Kanjeng Nabi Muhammad SAW. Kanjeng Nabi itu lahir pada hari senin dan hari pasarannya legi, jadi jumlahnya pasaran 9 dan ini merupakan angka tertinggi. Jadi Nabi yang paling tinggi derajatnya adalah Kanjeng Nabi Muhammad SAW. Bulan lahir dalam hitungan jawa yaitu bulan maulud dan tahun gajah. Kenapa dinamakan tahun gajah karena bertepatan dengan gajah yang banyak mati karena akan menyerang kabah namun dijatuhi api neraka oleh burung hababil, jadi gajah banyak yang mati dan pada saat itulah Nabi Muhammad SAW dilahirkan. Pada saat itupula dinamakan jaman jahiliyah,

Seluruh Nabi dilahirkan di daerah timur tengah. Kenapa, karena daerah sanalah masyarakatkan jelek aklaknya sehingga dilahirkan Nabi disana untuk membenahi dan meluruskan kembali masyarakatkan kejalan yang benar. Ingat manusia kalau mau sholat maka akan di masukan ke surga namun apabila meninggalkannya maka akan masuk neraka. Jadi yang butuh sholat itu ya manusia itu sendiri, bukan Allah SWT. Manusia mau sholat atau tidak itu tidak mempengaruhi derajat Allah SWT namun itu semua adalah kebutuhan manusia itu sendiri pada saat nanti akhirat.

Bati Komsos Koramil 0804-13/ Bendo Pelda Budianto beserta anggota yang melaksanakan pengamanan sebelum dilaksanakan acara inti. Memanfaatkan waktu yang ada untuk silahturahmi dan komunikasi sosial dengan para jamaah yang hadir agar terbentuk ikatan batin yang kuat dengan warga binaannya. Walaupun anggota Koramil 0804-13/ Bendo sering dan slalu hadir disetiap kegiatan kewilayahan. Namun agar tetap  terjalin hubungan keakraban dengan seluruh masyarakat maka perlu adanya komunikasi yang intesif disetiap waktu yang ada, Dengan adanya komunukasi yang baik dengan warga maka diharapkan terwujud Kemanunggalan TNI dengan Rakyat. (R13)

Tidak ada komentar: