Kamis, 27 Desember 2018

Tradisi Pengukuhan Anggota Saka Wira Kartika Koramil 0804/01 Magetan


Magetan - Saka atau Satuan Karya Pramuka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional. Saka yang dibentuk lewat kerja sama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara.

Saka Karya Pramuka Wira Kartika Koramil 0804/01 Magetan Kodim 0804 Magetan Kamis(27/12/2018) resmi mengukuhkan   15 Anggota Saka Wira Kartika yang dilangsungkan di depan kantor  Koramil 0804/01 Magetan  Jln. Pahlawan No. 3B Magetan.

Malam sebelumnya, para peserta diberi bekal wawasan kebangsaan yang disampaikan oleh Danramil 0804/01 Magetan Kapten Inf Kiswanto, SE  selaku pembina Saka Wira Kartika Koramil 0804/01 Magetan.

Dalam arahannya Kapten Inf Kiswanto mengatakan bahwa tujuan utama dari tradisi ini, untuk menumbuhkan semangat juang, tahan uji, semangat pantang menyerah, jiwa sosial, jiwa korsa dan membentuk mental baja ,membentuk generasi muda agar memiliki karakter dan jati diri kebangsaan yang kokoh dan rela berkorban,  selain itu kegiatan ini turut dan membentuk generasi muda agar kepribadian baik, disiplin, terampil, mandiri dan memiliki semangat bela negara yang tinggi.

Saka Wira Kartika Koramil 0804/01 Magetan dalam hal pembinaan menanamkan kepada anggotanya untuk mengutamakan  kemandirian, kesukarelaan, disiplinan, kejujuran serta tanggung jawab terhadap keluarganya dan kepada Allah SWT.

Ditengah-tengah gencarnya pengaruh negatif saat ini, maka Kami para pembina merasa terpanggil untuk melakukan langkah-langkah teknis agar kalian tidak mudah terbawa arus negatif tersebut. Untuk itu ikuti latihan ini dengan penuh tanggungjawab dan dedikasi yang tinggi serta amalkan dilingkungan kalian masing-masing. Ada beberapa tahapan yang telah kakak-kakak pembina siapkan. Saya berharap melalui kegiatan ini akan lahir generasi-generasi muda yang terampil, tangkas dan cekatan serta generasi yang santun penuh hormat dan berkualitas serta berjiwa Pancasila. “tegas Kapten Inf Kiswanto”

Usai upacara pengukuhan para anggota Saka Wira Kartika ini mengikuti acara siraman bunga sebagai simbol pengukuhan anggota Saka Wira Kartika Koramil 084/01 Magetan. (R.01)


Tidak ada komentar: