Selasa, 29 Januari 2019

Babinsa Desa Driyorejo Koramil 0804/Takeran Bantu Poktan Semprot Padi

Magetan,  Beras merupakan salah satu komoditas pangan utama bagi masyarakat Indonesia. Ketersedian pangan khususnya beras yang diproduksi melalui tanaman padi harus terus dibudidayakan.

Namun budidaya tanaman padi tidak selamanya mulus, pasalnya dalam perkembangan masa produksi sering ditemui beberapa kendala yang dialami petani salah satunya hama atau penyakit tanaman, apabila tidak diatasi dengan segera akan berdampak pada perolehan hasil panen.


Untuk membantu petani agar hasil produksinya maksimal, maka Babinsa Koramil 0804/11 Takeran  Serda Wawan Hariyanto melaksanakan pendampingan terhadap petani dalam pengendalian hama, penyakit dan Organisme Penggangu Tanaman (OPT) di Desa Driyorejo Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan, Selasa (29/01/2019).

Pengendalian hama dan penyakit pada tanaman padi varietas Ciherang dilakukan dengan cara penyemprotan bakterisida secara serentak di lahan seluas 2 hektar yang dikelola Poktan Tani Makmur Dusun Karanganyar Desa Driyorejo, dengan menggunakan elektrik handsprayer.

Kegiatan pendampingan ini dilakukan Babinsa bersama Koordinator PPL Kecamatan Nguntoronadi, bapak Widarto. Tampak pula Ketua Poktan Tani Makmur bapak Pardi  beserta para petani yang tergabung dalam kelompok Tani Makmur.

Menurut Serda Wawan Hariyanto, penyemprotan tanaman padi secara massal ini dimaksudkan untuk mengendalikan, memberantas serta menyembuhkan tanaman padi dari serangan penyakit blas yang disebabkan jamur pirycularia oryzae dan penyakit kresek akibat jamur xanthomonas oryzae dengan menggunakan Fungisida Puanmur SP50.

“Selain di Dusun Karanganyar, kegiatan serupa juga berlangsung di dua dusun lainnya, yakni Dusun Tawang dan Dusun Jetis,” terangnya. 

“Terjunnya PPL dengan pendampingan yang dilakukan Babinsa, diharapkan mampu mengetahui dan mengidentifikasi kendala dan hambatan yang dihadapi petani sekaligus memberikan solusi sebagai upaya mengatasi,” ujar Serda Wawan Hariyanto. ( Tsr/R-11 ).

Tidak ada komentar: