Jumat, 18 Januari 2019

Babinsa Kalang Bersinergi Dengan Puskesmas Atasi Masalah Kesehatan Masyarakat Melalui Musyawarah Masyarakat Desa


Magetan -  Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) Ini merupakan sebuah forum pertemuan perwakilan warga desa untuk membahas hasil Survei Mawas Diri (SMD) dan merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil SMD. Kegiatan MMD sangat penting untuk dilaksanakan dalam rangka menyusun perencanaan kegiatan puskesmas agar sesuai dengan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat di wilayah kerja.

Demikian halnya yang dilaksanakan pada Kamis (17/01/2019) Telah dilaksanakan kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) Bertempat di Balai Desa Kalang yang di hadiri oleh Staf UPTD Puskesmas Sidokerto Bpk Suwardi bersama Bidan Desa Ibu Siska, Kepala Desa Kalang Bpk. Suwardi, Babinsa Desa Kalang Serda Sahrudin , Perangkat Desa Kalang, Kepala Dusun, Ketua RW dan segenap Kader Pos yandu Sedesa Kalang.

Dalam kegaitan MMD tersebut membahas yang antara lain berupa Kegiatan Pos Yandu Balita, Pos Yandu Lansia, Pos Bindu, masih banyaknya Warga yang merokok di Dalam Rumah, Masih adanya warga masyarakat yang belum mempunyai Jamban dan masih memiliki kebiasaan BAB di kali atau Sungai.

Pada kesempatan itu Serda Sahrudin menyampaikan tentang program Jambanisasi yang merupakan Program dari  Kodam V/ Brawijaya berupa  program Gema sang Juara untuk Jambanisasi bagi warga, yang tidak mampu untuk Desa Kalang dalam program tersebut sudah mendata dan melaporkan warga Desa Binaanya yang belum memiliki Jamban sesuai perintah dari Komando Atas dan di sampaikan kepada perwakilan masyarakat yang hadir untuk mau mengingatkan kepada lingkungannya supaya tidak boleh BAB di sungai karena menimbulkan Folusi lingkungan yang membahayakan kesehatan warga" tuturnya

Secara umum kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) tahun 2019 di Desa Kalang telah berjalan dengan lancar dan berbagai macam usulan rencana kegiatan yang berasal dari hasil analisis kebutuhan masyarakat ini akan ditindaklanjuti dan disampaikan pada pertemuan lokakarya mini lintas sektor di Bulan April 2019. (R.02)

Tidak ada komentar: