Selasa, 15 Januari 2019

Bati Wanwil Koramil 0804-04/Parang Hadiri Pelatihan Peningkatan Kapasitas Wanita

Magetan,  Bati Wanwil Koramil 0804/04 Parang Kodim 0804/Magetan Serka Ekna Ariyadi Menghadiri Pelatihan peningkatan kapasitas wanita dan  Pengembangan Bahan Lokal Kayu Secang yang dijadikan Minuman Khas daerah untuk menjadikan atau menambah penghasilan Masyarakat yang bertempat Di Balai Desa Mategal Kecamatan Parang Kabupaten Magetan. 14/01/2019.

Hadir dalam kegiatan  Camat Parang yang diwakili Kasi PMD Bpk Sinung, Kepala Desa Mategal Bpk Sugiono,  Pelaku Usaha Teh Secang Bpk Budi Siswoyo,  Asosiasi Wira Usaha dari Madiun Bpk Ali Rifai,  Dosen Dr Setyo M Hum,  Bati Wanwil Koramil 04 Parang Serka Ekna Ariadi, Babinkamtibmas Bripka Sugiono, Ketua pengerak PKK dan peserta pelatihan  Kelompok Ibu-ibu PKK Desa Mategal.


Adapun Bpk Sinung Wahyudi sebagai Kasi PMD Kecamatan mengatakan setiap Desa di Kecamatan Parang ini harus memiliki Aicon Desa atau Desa harus mempunyai produk-produk Desa yang harus ditonjolkan sesuai apa yang ada di Desanya, Seperti Desa Mategal ini yang mempunyai Hutan yang salah satunya yang tumbuh dihutan itu adalah pohon Secang dan bagaimana pohon Secang itu bisa diolah menjadi suatu produk unggulan Desa yang salah satunya yaitu Teh Secang, maka dari itu mari kita perhatikan apa yang akan disampaikan oleh pelaku usaha teh Secang ini" Ujar Bpk Sinung"dalam mengakhiri sambutannya.

Bpk Budi Siswoyo selalu pelaku usaha Teh Secang mengungkapkan bahwa kayu secang sering diolah menjadi minuman wedang secang oleh orang-orang Jawa. Selain untuk menghangatkan tubuh, wedang secang ternyata menyimpan segudang khasiat sehat lainnya yang sayang jika dilewatkan.

Tanaman secang termasuk jenis pohon berduri dengan daun yang berukuran kecil. Buah secang sekilas mirip dengan petai cina yang berwarna kehijauan, tapi buah secang akan berubah warna menjadi kecoklatan ketika matang. Selain itu, terdapat bunga berwarna kuning atau oranye di puncaknya.

Tanaman ini memiliki nama latin Caesalpinia sappan atau Biancaea sappan dan tumbuh subur di Indonesia, India, dan Malaysia. Bagian dari tanaman secang yang paling sering dimanfaatkan adalah empulur, yaitu bagian dalam batang kayu.

Khasiat dan manfaat kayu secang bagi kesehatan tubuh yaitu Kandungan bahan aktif dalam kayu secang dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit, seperti diabetes, penyakit kulit, diare, hingga disentri.

Berikut potensi manfaat kayu secang
1. Antitumor
Salah satu manfaat kayu secang yang sudah banyak diteliti adalah sifat antitumornya. Ekstrak air dari kayu batang secang dengan tambahan 50% etanol dilaporkan menghambat perkembangan sel tumor
2. Antibakteri
Infeksi bakteri adalah salah satu penyebab penyakit menular yang paling umum. Nah, salah satu manfaat kayu secang menurut beberapa penelitian adalah meningkatkan kerja sistem imun tubuh untuk melawan berbagai jenis bakteri.
3. Antiradang dan merangsang sistem imun
4. Menurunkan gula darah dan menjaga kesehatan hati.
Dan diakhir sosialisasinya Bpk Budi Siswoyo mengajak kepada Masyarakat Desa Mategal supaya kesempatan ini bisa dimanfaatkan dan dilakukan supaya Masyarakat Mategal nantinya bisa makmur dengan usaha teh Secang.

Selalu Kepala Desa Mategal Bpk Sugiono mengucapkan banyak terimakasih kepada Forkopimda Parang yang selalu memberi dorongan kepada Desa kami dan tidak lupa kepada Bpk Budi selalu pelaku usaha, yang telah menyempatkan waktunya untuk memberikan sosialisasi ini semoga dengan sosialisasi ini Masyarakat Mategal bisa menerima dan bisa menambah penghasilan atau membuat lapangan kerja untuk Masyarakat Mategal. (R 04)

Tidak ada komentar: