Selasa, 08 Januari 2019

Berdayakan Potensi Wilayah Babinsa Buluharjo Melaksanakan Komsos Dengan Pengrajin Alat Pertanian


Magetan - Desa Buluharjo merupakan salah satu desa yang berada di wilayah Kecamatan Plaosan Kab.Magetan dimana desa ini dipimpin oleh Bpk Mulyono sebagai Kepala Desanya. Desa Buluharjo merupakan salah satu desa yang berada di wilayah kecamatan Plaosan yang memiliki potensi sumber daya alam berupa tanah yang sangat subur karena terletak di daerahnya pegunungan kaya dengan pengairan sehingga sangat berpotensi untuk lahan pertanian,baik tanaman padi, palawijo dan juga cocok buat tanaman sayur mayur.

Demikian halnya yang dilaksanakan pada Selasa (8/1/2019) Dalam melaksanakan fungsi dan tugas sebagai Bintara Desa (Sertu Eko) selalu berpedoman pada metode Binter salah satunya yaitu melaksanakan Komunikasi Sosial dengan Bpk. Yani dan juga para petani lainya yang berada diwilayah binaan.

Meskipun desa Buluharjo tanahnya subur tidak semuanya mata pencaharian bertani ada juga juga yang berwiraswasta seperti apa yang dilakukan oleh Bapak Yani bersama dengan anaknya, Bapak Yani menyampaikan ia membuka usaha membuatan pacul karena tidak memiliki lahan persawahan oleh karena itu ia membuka usaha membuat pacul meskipun usahanya masih dalam tahap merintis Bapak Yani berkeyakinan dengan tekad,kesabaran dan ketekunan bahwa suatu saat nanti usahanya akan maju karena masyarakatnya mayoritas mata pencaharian bertani yang mana membutuhkan alat seperti pacul untuk mengolah sawahnya.

Bapak Yani dalam memproduksi pacul dalam setiap harinya dua puluh biji setiap bijinya dijual seharga lima puluh ribu.Selaku Babinsa sedapat mungkin memberikan dorongan dan motivasi kepada Bapak Yani dalam mengeluti usahanya agar tidak mudah menyerah sehingga apa yang menjadi tujuannya dapat tercapai. (R.02)

Tidak ada komentar: