Kamis, 24 Januari 2019

Lokakarya Mini Lintas Sektoral UPTD Puskesmas Desa Tladan


Magetan - Puskesmas Tladan Kecamatan Kawedanan menggelar acara Lokakarya Mini Lintas Sektoral yang bertempat di ruang pertemuan UPTD Puskesmas Tladan Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan pada Hari Kamis (24/1/2019).

Kegiatan yang dihadiri kurang lebih 40 orang terdiri dari Camat Kawedanan yang diwakili oleh Sekcam Bpk Suparlan S.Sos , Danramil 10/Kawedanan yang diwakili Bati Wanwil Pelda Hartono ,  Kapolsek Kawedanan Akp Gangsar Kumoro SH , Kepala UPTD Puskesmas Tladan Drg Eni Ema Kurnia , Kepala Desa sewilayah kerja Puskesmas Tladan , Kepala sekolah SD , MI dan SMP sewilayah kerja Puskesmas Tladan , Staf Puskesmas Tladan serta kader kesehatan dari Desa Tladan.

Pada kesempatan tersebut Sekcam  Kawedanan Bpk Suparlan S.Sos yang didampingi unsur Muspika menyampaikan pembangunan kesehatan dilakukan sesuai dengan situasi dan kondisi masyarakat serta dilaksanakan secara bersama-sama secara lintas sektoral. Misalnya dengan bekerjasama dengan semua komponen masyarakat. Selain itu Bpk Suparlan juga menyampaikan bahwa untuk anak usia dini lebih ditekankan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Sementara itu Kepala Puskesmas Tladan Drg Eni Ema Kurnia menuturkan lokakarya mini lintas sektoral merupakan kegiatan rutin yang terus diagendakan di Puskesmas Tladan dengan tujuan mendapatkan dukungan dan masukan dari lintas sektoral dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat. Disamping itu Drg Eni juga memaparkan tentang kegiatan dan perencanaan program Puskesmas pada tahun-tahun mendatang.

Inti paparan yang disampaikan oleh Kepala UPTD Puskesmas Tladan diantaranya adalah mengenai kondisi kesehatan di wilayah Puskesmas Tladan. Maksud dari diselenggarakannya acara tersebut adalah , Untuk memelihara kerjasama lintas sektor Kecamatan Kawedanan perlu dilakukan upaya penggalangan dan pemantauan pelaksanaan kerjasama melalui suatu Forum Lokakarya mini yang diselenggarakan setiap Triwulan yang disebut Lokakarya Mini Triwulan.

Sedangkan Tujuan dilaksanakannya Lokakarya adalah , Untuk Menginformasikan , mengindentifikasi capaian hasil kegiatan Triwulan sebelumnya, membahas dan memecahkan masalah serta hambatan yang dihadapi oleh lintas sektor pada kegiatan sebelumnya dengan menganalisa serta memutuskan Rencana Tindak Lanjut (RTL) dengan memasukan aspek umpan balik dari masyarakat dan sasaran program. Lokakarya Mini Bulanan tetap dilaksanakan jika pada bulan yang bersamaan ada Lokakarya Mini Triwulan, dinamakan Lokakarya Mini Bulanan mempersiapkan bahan untuk pelaksanaan Lokakarya Mini Bulanan.

Selain itu ia juga menyampaikan bahwa akreditasi Puskesmas dilakukan tahun 2019. Penilaian dilakukan dengan sistem telusur kepada lintas sektoral dan stake holder yang ada. Akreditasi merupakan alat untuk meningkatan kinerja Puskesmas, dukungan dari stake holder yang ada sangat diharapkan.

Setelah Pemaparan dari Kepala Puskesmas acara dilanjutkan dengan sesi diskusi. Dalam sesi diskusi banyak hal yang menjadi topik, diantaranya tentang kesehatan remaja, kasus demam berdarah penyebab serta pencegahannya, pendataan keluarga miskin, pemantauan gizi siswa dan Pola Hidup Bersih.(R10)

Tidak ada komentar: