Selasa, 29 Januari 2019

Peran Babinsa Dalam Meningkatkan Program Upaya Khusus Swasembada Pangan


Magetan - ,Babinsa merupakan salah satu penggerak bagi para petani (pelaku utama) dan Kelompok Tani, kegiatan UPSUS Peningkatan Produksi Padi sedang dilaksanakan oleh Sertu Sunaryo Babinsa Koramil 0804/04 Parang Kodim 0804 Magetan,dengan melaksanakan UPSUS pendampingan pertanian dengan Kelompok Tani Glagah Wangi ketua bpk Edy Desa Trosono Kec Parang Kab Magetan. Selasa (29/01/2019)

Desa Trosono Kec. Parang Kab. Magetan yang terletak di wilayah Kec. Parang,Sertu Sunaryo Babinsa Koramil 0804/04 Parang sedang melaksanakan Pendampingan Pertanian dengan Kelompok Tani Glagah Wangi  ketua bpk Edy.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi produksi atau hasil Panen, salah satu di antaranya pendampingan dan pengawalan. Kegiatan UPSUS (Upaya Khusus) Peningkatan Produksi Padi dalam Pencapaian Swasembada Pangan.

Peran Babinsa dalam UPSUS (upaya Khusus) dalam meningkatkan Produksi Padi adalah sebagai Komunikator, Fasilitator, Advisor, Motivator, Edukator, Organisator dan Dinamisator melalui Pengawalan dan Pendampingan Pertanian dengan Petani atau Kelompok Tani.

Padi merupakan salah satu Komoditi utama selain Jagung dan Kedelai yang menjadi Pioritas Utama Pemerintah dikarenakan  Padi merupakan komoditi tanaman pangan yang memiliki peranan pokok sebagai pemenuh kebutuhan pangan, pakan dan industri dalam negeri yang setiap tahunnya cenderung meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk dan berkembangnya industri pangan dan pakan sehingga dari sisi Ketahanan Pangan Nasional fungsinya menjadi amat Penting dan Strategis.

Anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil 0804/04 Parang Kodim 0804 Magetan  selalu berupaya maksimal dalam melaksanakan Upsus pendampingan petani dalam menyukseskan Program Swasembada Pangan Nasional dan Upsus Pendampingan Petani ini merupakan wujud Kepedulian TNI melalui Babinsa terhadap wilayah Binaanya dengan harapan dapat terjalin hubungan yang kuat antara Petani dan Babinsa.( R 04 )

Tidak ada komentar: