Rabu, 30 Januari 2019

Pertemuan Rutin Penyaluran Pupuk Bersubsidi Gapoktan Wilayah Kios Kawan Tani Bersama Petugas BPP Kec. Panekan.


Magetan - Babinsa kelurahan panekan Pelda Sukarno  hadiri pertemuan rutin penyaluran pupuk bersubsidi gapoktan, pengurus gapoktan wilayah kios pupuk kawan tani bersama petugas BPP( Balai Penyuluan Pertanian)  kecamatan panekan bertempat di Rumah ibu susi , SP  toko pupuk UD kawan tani Rt 06/01 kelurahan panekan kec. panekan. Rabu, ( 30/1/19).

Hadir pula pada acara sosialisasi diantaranya Mantri tani kecamatan panekan ibu Setyorini .SP, PPL Anita SPT, Novi SP, tim verifikasi pupuk bapak yulianto SP  babinsa kelurahan panekan pelda sukarno, babinsa desa  bedagung sertu sumadi, poktan kel. panekan, poktan desa turi, poktan desa, manjung dan poktan desa rejomulyo serta pengurus kelompok tani.

Pertemuan antar poktan bersama petugas BPP yang di pimpin oleh mantri tani kecamatan panekan Ibu setyorini. SP bertujuan untuk mengamankan pupuk bersubsidi di tiap tiap kelompok tani agar tidak ada masalah.

ibu Susiani, SP (UD pupuk kawan tani) mengucapkan terimakasih dan selamat datang kepada petugas BPP , gapoktan dan poktan dalam rangka pertemuan musyawarah penyaluran pupuk bersubsidi. harapan kami pertemuan ini bertujuan untuk menjalin dan mempererat hubungan silahturahim antar kelompok tani serta memperbaiki dan memperlancar penyaluran pupuk bersubsidi. "serunya".

Mantri Tani Kec. Panekan Ibu Setyorini . SP. menyampaikan kegiatan ini merupakan agenda setiap tahunnya dilaksanakan membahas tentang penyaluran pupuk bersubsidi, kelompok menerima pupuk berdasarkan RDKK yang di ajukan. pesanan pupuk yang di tuangkan pada RDKK berdasarkan musyawarah yang di putuskan bersama. pupuk bersubsidi antara lain Urea, ZA, SP 36. Ponska dan petroganik. pembuatan RDKK di mulai dari kelompok. tanaman yang di ajukan pupuk bersubsidi harus sesuai dengan RDKK jadi untuk penyaluran pupuk harus sesuai pengajuan jenis tanaman yang di tanam . misalnya pengajuan pupuk untuk menanam padi bukan untuk tanaman ketela . masing 2 kelompok hitungan pupuk bersubsidi sudah jelas. kami berharap pada penyaluran pupuk di tiap tiap kelompok tani sesuai dengan  RDKK .

Pupuk bersubsidi ini merupakan pupuk yang selalu dalam pengawasan , pupuk utk tanaman pangan, perkebunan dan tegal. di peruntukkan juga pada tananaman tambah tanam baru yang belum pernah ditanami tanaman padi, jagung maupun kedelai . harga 6pupuk bersubsidi masih stabil  haparan kami kios pupuk menyalurkan sesuai harga yang sudah di tetapkan.

Pada sesi tanya jawab perwakilan dari salah satu poktan dari desa turi bapak saifudin menyampaikan tentang pemberian pupuk pada tananam sesuai hitungan baik kurang maupun lebih , ternyata  juga cukup. penjelasan dari mantri tani tanah yang ditanami kalau di kasih bahan kimia yang berlebihan menimbulkan tanah menjadi rusak atau tanaman menimbulkan banyak hama, untuk itu penggunaan pupuk kimia harus sesuai luas lahan lebih baik pakai pupuk organik untuk memperbaiki tanah agar tetap subur." terangnya."

Babinsa kelurahan panekan menambahkan terkait dengan pupuk bersubsidi dan pertanian bebinsa dan PPL  sebagai pendamping pertanian , harapan kami jaga kekompokan antar kelompok tani sehingga setiap masalah sekecil apapun bisa diselesaikan secara musyawarah . babinsa  juga mengatakan untuk mendukung pemerintah dalam rangka  ketahanan pangan poktan musim sekarang dan yang akan datang agar tetap menanam padi. " kata pelda sukarno". ( R. 03 ).

Tidak ada komentar: