Rabu, 20 Februari 2019

Babinsa Koramil 0804/07 Karangrejo Dampingi PPL Adakan Penyuluhan Hama Kepada Anggota Poktan Ds. Baluk


Magetan - Program dari pemerintah salah satunya adalah mewujudkan Swasembada Pangan Nasional,hal ini bisa terwujud apabila hasil panen meningkat untuk itu Babinsa Ds. Baluk bersama Petugas Penyuluh Lapangan mengadakan penyuluhan kepada anggota kelompok tani Tani Makmur Ds. Baluk.

Serda Nur Basuki selaku Babinsa Ds. Baluk mengatakan apa yang di lakukan adalah wujud dari tanggung jawab untuk mendampingi para petani mulai dari pengolahan lahan sampai  waktu panen nantinya,hal ini merupakan tindak lanjut dari MOU antara TNI AD dan Kementan.

Dalam pelaksanaan di lapangan di implemasikan bekerja sama dengan Petugas Penyuluh Lapangan/PPL. Seperti yang di laksanakan hari ini Serda Nur Basuki Babinsa Ds. Baluk mendampingi PPL mengadakan penyuluhan kepada anggota Poktan Tani Makmur.

Ir Suwarno PPL dari BPP Karangrejo dalam penyuluhanya kepada anggota Poktan tentang hama hama penyakit yang sering menyerang tanaman padi. Dalam penyuluhananya mengatakan menanam padi di waktu musim penghujan seperti saat ini sangat rawan sekali dengan hama penyakit,apalagi saat ini intesitas hujan waktu sore hari sanggat tinggi,hal ini akan membawa hama penyakit contohnya,sundep dan hama wereng.

Sundhep dalam penyebaranya dengan cara meletakan telurnya pada pelepah daun bagian dalam,setelah telur menetas maka larva larva tesrsebut mulai memakan pelepah daun dan masuk memakan bagian dalam batang,urainya.

Sementara hama wereng dapat di basmi dengan menjaga supaya matahari selalu dapat menyinari padi,matahari akan membuat wereng sulit menetas dan mencegah berkembang biak,di samping juga dengan penyemprottan pestisida,oleh sebab itu wereng sering muncul saat musim penghujan di mana jarang ada matahari, tambahnya.

H.Wahabi selaku ketua Poktan Tani Makmur mengucapkan banyak banyak terima kasih atas kedatangan Babinsa Ds.Baluk Bpk Serda Nur Basuki dan PPL yang telah memberikan penyuluhan kepada anggota kami,kami akan selalu menekankan kepada anggota poktan agar selalu waspada terhadap serangan hama wereng dan sundep,apabila di temukan akan langsung berkordinasi dengan Babinsa dan PPL,agar segera di tindak lanjuti jangan sampai gagal panen, pungkasnya. (R 07)

Tidak ada komentar: