Selasa, 05 Februari 2019

Danramil 0804/07 Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada Peserta Kaderisasi Anggota PAC IPNU IPPNU Kec. Karangrejo.

Magetan – Dihadapan 59 Peserta Kaderisasi Anggota PAC IPNU IPPNU Kec.Karangrejo Th 2019, Danramil 0804/07 Karangrejo Kapten Inf Arif W memberikan Pembekalan Wawasan Kebangsaan dalam rangka menumbuhkan rasa cinta tanah air dan Bela Negara, dalam kegiatan Makesta yang dilaksanakan di Aula Pendopo Kec. Karangrejo Kab.Magetan.


Dikatakan, bagaimana untuk mendidik anak yang jujur dan pintar, serta bermental dan kepribadian yang baik, maka harus bekerjasama / bersinergi di wilayah bersama unsur instansi terkait dalam membentuk karakter generasi penerus bangsa yang baik dan kuat dihadapkan dengan perkembangan situaasi sekarang yang selalu ada pengaruh, godaan serta budaya asing yg apabila tidak selektif membawa diri dengan baik bisa merusak dan menyesatkan sendi -  sendi kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Dengan upaya diantaranya / salah satunya adalah memberikan materi wawasan kebangsaan dan pemahaman tentang bela negara agar generasi / kaum muda khususnya punya rasa kebangsaan,  paham kebangsaan, dan semangat kebangsaan untuk mewujudkan rasa nasionalisme, jiwa korsa, serta cinta tanah air, sadar menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan diharapkan ada jiwa patriotisme sejak dini dan terus diupayakan
karena generasi muda harus pula paham dan berusaha untuk mendukung cita - cita Nasional bangsa Indonesia, ungkap Danramil sebagai bagian dari pengantar sebelum berlanjut ke materi yang disampaikan.

Dipaparkan pula bangsa yang maju tidak semata -  mata disebabkan oleh kekayaan alamnya, tetapi juga karakter warisan luhur untuk membangun bangsa yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945  sebagai bagian dari 4 konsensus Nasional Bangsa Indonesia agar tetap tegaknya NKRI dan yang tidak kalah penting adalah saling menghormati sesama pemeluk agama, perbedaan adat istiadat, suku, bahasa, dan lain - lain.
TNI berusaha serta bekerjasama sebagai perekat kemajemukan yang mana kemajemukan tersebut merupakan kekuatan Nasional yang tidak perlu di permasalahkan bahkan merupakan bagian dari kekayaan budaya yg baik di NKRI.

“ Memiliki kemampuan beradaptasi dan kemauan untuk memahami serta menerima budaya daerah atau kearifan lokal, dan memiliki sifat keberpihakan dalam merumuskan dan mengimplementasikan demi kepentingan bersama,” pungkasnya.

Diakhir kegiatan Kapten Inf Arif W menekankan, dengan pemahaman wawasan kebangsaan, akan memancarkan kualitas dan ketangguhan bangsa dalam menghadapi berbagai ancaman baik dari dalam dan luar negeri terhadap eksistensi suatu negara. Semangat kebangsaan atau nasionalisme merupakan bagian dari wawasan kebangsaan berdasarkan Pancasila sebagai Ideologi negara kita yang harus di jaga dan dipertahankan, generasi muda harus siap mendukung, membela tegaknya NKRI, sekaligus sebagai manivestasi dari kesadaran bela negara. “tegasnya” (tsr/R.07)

Tidak ada komentar: